Cara Menuju ke Gunung Fuji dari Tokyo

Gunung Fuji pastinya selalu ada pada daftar paket wisata ke luar negeri yang ditawarkan oleh banyak agen perjalanan. Ini karena, gunung ini adalah lokasi yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Jepang. Jadi Anda ingin melihat Gunung Fuji, sebuah landscape ikonis setinggi 3.776 meter di Jepang? Iniadalah gunung berapi wajib Anda kunjungi. Tergantung pada apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan di sana (mendaki ke puncak atau menjelajahi danau di sekitarnya, berendam di sumber air panas atau berbelanja), pilihan transportasi Anda akan berbeda. Berikut ini adalah beberapa cara menuju Gunung Fuji dari Tokyo yang dapat Anda coba.

1. Menggunakan bus

Sebagian besar pengunjung gunung tampaknya memilih opsi ini. Bus terbaik tergantung pada kapan Anda bepergian.

Bus yang beroperasi sepanjang tahun

Di luar musim pendakian dan bagi pengunjung umum ke Fuji-san, ada layanan reguler yang beroperasi antara Shinjuku / Shibuya / Tokyo dan area Fuji yang lebih luas. Stasiun Kawaguchiko, Dataran Tinggi Fuji-Q (taman hiburan bagi para pencari sensasi), Stasiun Fuji-San dan Danau Yamanakako adalah titik utama. Di mana Anda turun tergantung pada apa yang ingin Anda jelajahi. Kawaguchiko dan Yamanakako memberi Anda akses ke beberapa danau di sekitar Gunung Fuji, yang menjadikannya tempat berjalan kaki yang sangat baik dan sumber mata air panas.

Tiket bus dari Stasiun Tokyo ke Stasiun Kawaguchiko atau Dataran Tinggi Fuji-Q dibanderol dengan harga sekitar ¥ 2.000 Yen (satu arah), dan perjalanan rata-rata memakan waktu dua jam. Jika Anda pergi ke Danau Yamanakako, Anda harus menempuh perjalanan selama 2,5 jam dan biaya sebesar ¥ 2.100 yen sekali jalan. Kami sarankan Anda melihat situs pemesanan tiket bus secara online ketika membuat rencana untuk perjalanan bus dari Tokyo ke Kawaguchiko. Ada beberapa bus dalam sehari, dengan sebagian besar keberangkatan di pagi hari.

Dari Stasiun Kawaguchiko, Anda dapat naik bus lokal dan menuju ke Stasiun Fuji Subaru Line 5 (tempat wisata / titik pengamatan populer), selama jalan-jalan tidak berliku. Dibutuhkan sekitar 50 menit dan biayanya sekitar ¥ 1.540 (atau ¥ 2.100 untuk tiket pulang). Bus berangkat satu jam sekali selama musim libur, dan sedikit lebih sering selama musim pendakian. Anda tidak perlu melakukan reservasi.

Bus khusus pada musim pendakian

Pada musim pendakian (Juli hingga pertengahan September), pendaki dapat naik bus langsung dari Terminal Bus Expressway Shinjuku ke Stasiun 5 (jalur Fuji Subaru satu), yang, selain menjadi hotspot wisata, adalah titik awal untuk melihat keindahan matahari terbit musim panas yang populer yang mengikuti Jalur Yoshida. Harga tiket bus sekitar ¥ 2,950 sekali jalan, dan perjalanan memakan waktu sekitar 2,5 jam.

2. Menggunakan kereta

Jika Anda tidak terlalu suka naik bus, Anda bisa naik kereta api dari Tokyo ke Gunung Fuji — tetapi perhatikan bahwa itu sedikit lebih mahal daripada bus.

Kereta reguler dari Tokyo ke Gunung Fuji

Berikut adalah beberapa opsi kereta yang dapat Anda pilih:

  • Naik kereta Fuji Excursion Limited Express (baru) dari Stasiun Shinjuku langsung ke Stasiun Kawaguchiko. Ini adalah kereta tercepat dari Tokyo ke Fuji-san, hanya membutuhkan waktu 1 jam 52 menit. Harganya ¥ 4.130 untuk satu kali perjalanan.
  • Naik kereta JR Limited Express (Azusa atau Kaiji) dari Stasiun Shinjuku ke Otsuki, lalu transfer ke Kereta Api Fujikyu untuk menuju Kawaguchiko. Perjalanan memakan waktu sekitar 2,5 jam, dan biaya sekitar ¥ 3,270 – ¥ 4,130 satu arah, tergantung pada apakah transfer di Takao / Tachikawa diperlukan atau tidak, dan apakah Anda bepergian pada hari kerja atau akhir pekan.
  • Sebagai gantinya, gunakan Layanan Cepat Khusus JR Chuo, dengan rute yang sama. Dibutuhkan waktu 10-20 menit lebih lama, tetapi hanya biayanya sekitar ¥ 2,710 sekali jalan.

Perhatikan bahwa beberapa kereta api di Fujikyu Railway, termasuk Fuji Excursion, berhenti di Dataran Tinggi Fuji-Q juga. Juga perhatikan bahwa jika Anda bepergian dengan JR Pass, biaya kereta JR Anda akan ditanggung.

Pilihan kereta lain adalah dengan mengambil Jalur JR Tokaido untuk Atami dari Stasiun Tokyo, kemudian transfer ke Jalur JR Gotemba untuk menuju Mishima di Stasiun Kozu. Perjalanan memakan waktu sekitar dua jam dan ongkosnya sekitar ¥ 1.980. Dari Stasiun Gotemba, Anda dapat naik bus antar-jemput gratis ke Gotemba Premium Outlets atau naik bus lokal ke Stasiun Subashiri ke-5 (di musim pendakian).

Kereta musim panas / musim gugur dan Fuji Excursion Limited Express yang baru

Dahulu, pada akhir pekan dan hari libur nasional di musim panas dan gugur, Anda dapat memanfaatkan kereta Holiday Rapid Fujisan langsung dari Shinjuku ke Kawaguchiko. Ada layanan Rapid Fujisan yang serupa pada hari Jumat. Namun, kereta ini berhenti beroperasi dengan peluncuran kereta langsung baru dari Shinjuku ke Kawaguchiko pada bulan Maret 2019 — kereta Ekspres Terbatas Ekskursi Fuji yang dijalankan oleh Kereta Api JR dan Fujikyu.

Kereta Fuji Excursion Limited Express beroperasi dua kali sehari pada hari kerja (berangkat jam 8:30 pagi dan 9:30 pagi) dan tiga kali pada akhir pekan dan hari libur (berangkat jam 7:35 pagi, 8:30 pagi dan 9:30 pagi), dengan kereta api kembali berangkat dari Stasiun Kawaguchiko pada sore hari (pukul 15:05 dan 17:38 pada hari kerja dan 15:05, 16:00 dan 17:38 pada akhir pekan dan hari libur). Biaya perjalanan satu arah adalah ¥ 4.130 dengan kursi yang dipesan.