Hal-hal penting yang didapatkan anak dari pramuka

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang sangat bermanfaat dan memiliki berbagai macam kegiatan. Kegiatan pramuka sangat luas dan mencakup berbagai aspek-aspek penting untuk kehidupan. Dari itu, banyak hal penting yang dapat di pelajari anak dari mengikuti kegiatan pramuka.

Berikut nilai-nilai penting yang dipelajari dari pramuka;

Keberanian dan kemandirian

Salah satu kegiatan Pramuka yang cukup sering dilakukan ialah berkemah di alam terbuka. Saat berkemah, anak-anak akan dilatih untuk bisa melakukan segala sesuatunya tanpa bergantung pada orang lain.

Selain itu, tak jarang pula kegiatan seperti jurit malam dilakukan saat hari sudah larut. Dalam situasi tersebut, anak-anak akan belajar untuk lebih berani lagi dalam melawan rasa takut demi mencapai sebuah tujuan.

Peduli lingkungan

Kegiatan Pramuka tidak akan pernah lepas dari alam. Berada dekat dengan alam dan berinteraksi langsung dengan lingkungan akan semakin menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian anak pada lingkungan. Terlebih, beberapa kegiatan Pramuka seperti Time Please yang diselenggarakan bersama The Walt Disney Indonesia secara langsung mendorong anak-anak Pramuka untuk memberi kontribusi pada lingkungan di sekitar mereka.


Gotong Royong

Dalam menjalani kegiatan Pramuka, anak-anak akan didorong untuk melakukan kegiatan secara gotong royong. Ketika membangun tenda atau merakit tandu saat berkemah misalnya, anak-anak akan didorong untuk belajar membangun team work yang baik serta bergotong-royong dalam membantu satu sama lain demi tujuan bersama.

Bhinneka Tunggal Ika

Saat melakukan kegiatan Pramuka, anak-anak akan bertemu dan berinteraksi dengan anak-anak lainnya yang memiliki latar belakang hingga warna kulit yang berbeda. Ketika mengikuti Jambore Nasional misalnya, seluruh anggota Pramuka dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia akan berkumpul di satu tempat dan melakukan kegiatan bersama-sama. Dalam kesempatan ini, anak-anak akan menyadari bahwa keberagaman bukan penghalang untuk bersatu padu dalam menciptakan harmoni.

Cinta budaya

Ketika berkumpul dalam Jambore Nasional, tiap-tiap anak dari seluruh wilayah Indonesia datang dengan karakteristik kedaerahan masing-masing. Anak-anak akan menyadari bahwa karakteristik kedaerahan mereka merupakan bagian dari identitas diri yang patut dipertahankan dan dijaga

Kedaipramuka.net menyediakan atribut pramuka dan baju pramuka yang lengkap.