Cara Cerdas Menguasai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu materi yang diajarkan di hampir semua jenjang pendidikan. Mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, menangah atas, hingga beberapa jurusan di perguruan tinggi semuanya mengajarkan materi yang satu ini.

Belajar mata pelajaran bahasa indonesia

Meski diajarkan di hampir semua jenjang pendidikan, banyak orang yang masih tidak kunjung menguasai materi ini. Terbukti, seringkali materi ini menjadi momok dalam ujian yang berujung pada nilai yang tidak begitu memuaskan. Hal ini terjadi salah satunya adalah kerena mata pelajaran Bahasa Indonesia dianggap remeh. Tidak mengejutkan memang mengingat sedari kecil kita sebagai orang Indonesia sudah familiar dalam menggunakan bahasa nasional ini.

Disadari atau tidak, perilaku meremehkan tersebut adalah hal yang dapat berpotensi merugikan ketika ujian tiba. Maka dari itu, berusaha mempelajari dan memahami materi ini adalah hal yang perlu untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa cara cerdas menguasai mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat dicoba.

Banyak Membaca Dapat Membantu Kita Memahami Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan banyak membaca. Cara ini sebenarnya juga berlaku untuk menguasai bahasa lainnya. Dengan banyak membaca, kita dapat menambah kosa kata di kepala. Terlebih lagi jika kita mencoba membaca berbagai jenis buku yang berbeda misalnya buku yang berkaitan dengan medis, pertanian, dan berbagai cabang pengetahuan yang berbeda-beda. Melakukan kegiatan yang semacam itu akan membuat kita familiar dengan kosa kata yang sebelumnya terasa asing.

Jangan Malu untuk Praktik

Hal kedua yang bisa dicoba untuk membantu menguasai Bahasa Indonesia adalah dengan cara mempraktikannya dalam keseharian. Misalnya kita baru selesai mempelajari bahwa kata yang benar adalah praktik dan bukan praktek. Cobalah untuk mengubah kebiasaan menggunakan kata praktek dengan praktik. Ada juga kata lain seperti sekadar, salat, ramadan, selawat, dan banyak lagi kata lain yang biasanya orang salah dalam menuliskannya yang perlu kita biasakan untuk digunakan.

Dengan memperbanyak praktik, ilmu dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat lebih mudah untuk melekat dalam benak kita daripada sekadar menghafalkannya.

Manfaatkan Media Sosial

Cara lain yang juga menarik untuk dicoba adalah dengan memanfaatkan media sosial. Cobalah untuk mengikuti akun-akun yang banyak menyebarkan informasi seputar Bahasa Indonesia seperti misalnya akun milik Ivan Lanin yang dikenal gemar membagikan info-info seputar Bahasa Indonesia.

Cara ini dapat dicoba dan tidak sulit untuk dilakukan mengingat hampir semua dari kita memiliki dan aktif menggunakan media sosial. Dengan melakukan ini juga kita bisa menjadikan kegiatan bermedia sosial menjadi lebih bermanfaat.

Unduh dan Pasang Aplikasi Pendukung

Tips berikutnya adalah kita bisa mengunduh dan memasang aplikasi yang dapat membantu kita dalam belajar Bahasa Indonesia. Misalnya adalah aplikasi dari badan bahasa yaitu KBBI Online di mana kita dapat memiliki KBBI di dalam gawai kita.

Dengan memiliki KBBI dalam gawai, kita dapat mengetahui makna dari kata yang masih asing yang kita jumpai. Misalnya kita sedang berselancar di dunia maya dan menemukan kata asing seperti jelaga, kita dapat segera membuka aplikasi KBBI untuk mengetahui apa makna dari kata tersebut.

Bisa juga dengan memasang aplikasi belajar online ke dalam gawai kita sehingga kita dapat belajar di sana. Dewasa ini, ada banyak sekali aplikasi belajar online yang tersedia di pasaran yang mana dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya demi kebaikan kita semua.


Sekian beberapa tips untuk menguasai mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat dicoba untuk dilakukan. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.