Kerajinan Sapu Dari Sabut Kelapa Yang Bagus Dang Unik

Kerajinan sapu dari sabut kelapa merupakan limbah dari buah kelapa yang pada umumnya hanya dimanfaatkan untuk keperluan bahan bakar bagi rumah tangga untuk memasak.Di daerah yang merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa hanya dibuang. Namun, ada beberapa pengrajin yang memanfaatkan sabut kelapa untuk pembuatan sapu dari sabut kelapa yang bernilai ekonomis.

Kerajinan Sapu Dari Sabut Kelapa

Kerajinan Sapu Dari Sabut Kelapa 

Sapu ijuk, keset dari kain perca, kelihatannya sepele. Tapi, jika ditekuni, ia bisa mengantar siapa pun yang bersungguh-sungguh menekuninya untuk menjadi jutawan.

Peluang pasar dari produk ini memang sampai saat ini cukup besar bahkan cenderung mengalami peningkatan.Yang tidak kalah pentingnya dari produk rumahan ini supaya tetap bisa bertahan adalah selalu menjaga kualitas/ mutu.

Jika Anda saat duduk dibangku sekolah tahu sapu yang Anda gunakan saat piket dikelas adalah hasil olahan dari sabut kelapa menjadi sapu ijuk, keset yang Anda gunakan juga berasal dari sabut kelapa. Produk olahan dari sabut kelapa juga sangat banyak dan bervarian.

Masih sanggup bertahan di era milenial, kerajinan dari sabut kelapa yang satu ini, memang memiliki kesan jadul tapi sangat fungsional. Ya, sapu yang terbuat dari sabut kelapa, masih tak mau kalah dari sapu-sapu modern saat ini.

Sebagian besar masyarakat mungkin masih menggunakan sapu sabut kelapa, dengan alasan kotoran debu lebih mudah dibersihkan, lebih murah, tahan lama, hingga lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, kini sapu modern kebanyakan terbuat dari bahan plastik sintetis, yang tidak tahan lama. Selain harganya lebih mahal, sapu plastik juga tidak ramah lingkungan.

Sedangkan harga sapu sabut kelapa dibanderol mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja. Apalagi jika kamu langsung membelinya di lokasi pengrajin, kemungkinan besar akan mendapatkan harga yang lebih murah, ketimbang sudah berada di warung atau toko.

Baca Juga:3 Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Berikut Proses Pembuatan Sapu Dari Sabut Kelapa

Berikut Proses Pembuatan Sapu Dari Sabut Kelapa

Ingin tahu bagaimana proses pembuatan sapu ijuk dari sabut kelapa ? Berikut cara membuat sapu ijuk dengan mudah.

 Bahan-Bahan:

 Alat:

Cara Pembuatan Sapu Dari Sabut Kelapa:

  1. Sabut atau tepes dipukul pukul agar daging sabut lepas atau bisa dengan mesin cungkil kelapa.
  2. Sabut yang telah dipukul-pukul disikat agar serabut yang pendek lepas dan gunakan mesin sabut kelapa
  3. Serat yang pendek dibuat tali
  4. Serat yang panjang diikat dengan tali sabut bagian ujungnya dengan besaran kurang lebih segenggaman jari telunjuk
  5. Tiap 1 buah sapu terdiri dari 4 (empat) akar sabut yang terpisah dan 1 ikat sabut yang langsung diikatkan pada ujung tangkai sapu
  6. Tusukan sebilah bambu kecil pada ikatan sabut diujung tangkai ibaratnya sebagai bahu  atau pundak
  7. Tusukan keempat ikatan sabut di bahu kanan dan kiri tangkai masing-masing 2  ikat
  8. Ikatlah ujung sabut bagian atas bahu tangkai
  9. Sapu siap untuk digunakan

Menjalankan usaha sabut kelapa memang tidak mudah, banyak persiapan yang harus dilakukan mengingat sabut kelapa melibatkan banyak pihak, berikut adalah persiapan yang digunakan untuk menjalankan usaha sabut kelapa.Demikian semoga bisa membantu dalam kerajinan sapu dari sabut kelapa yang bagus dan pastinya unik.Sekian terima kasih.