Ketahui Ciri Ban Harus Diganti dan Review Tempat Ganti Ban di Ngawi yang Recommended

Sudah menjadi kewajiban bagi para pemilik kendaraan untuk memperhatikan kondisi ban kendaraan mereka. Karena ban merupakan satu kesatuan dalam komponen kendaraan, jika mengalami masalah pada ban tersebut maka akan berdampak buruk bagi kendaraan, bahkan kepada si pengendara. Banyaknya kecelakan lalulintas bisa jadi karena keadaan kendaraan mereka yang tidak layak pakai, salah satunya karena kondisi ban. Bisa disebabkan karena kurang angin, longgar atau karena ban yang sudah tipis sehingga menjadi sulit dikontrol dan kehilangan keseimbangan. Sebagain besar pemilik kendaraan kurang begitu memahami tentang apa saja ciri yang ditunjukkan jika ban sudah harus diganti dengan yang baru. Idealnya, apabila sering digunakan , ban belakang seharusnya diganti dalam kurun waktu 10-12 bulan, sementara untuk ban depan sedikit lebih lama yaitu 12-15 bulan. Namun, ketahanan tiap kendaraan berbeda-beda tidak ada patokan waktu, hanya perlu memperhatikan ciri-ciri yang ditunjukkan oleh ban itu sendiri.

Ciri-Ciri Ban Kendaraan Anda Harus Diganti

Sebenarnya tidak ada waktu pasti kapan ban kendaraan harus diganti dengan yang baru, tergantung dari beberapa aspek yang menyebabkan ban anda cepat rusak baik dalam waktu cepat maupun lama. Karena itu, perhatikan ciri-ciri berikut ini:

  • Terasa Goyang Saat Berbelok

Ada dua kemungkinan jika ban terasa goyang saat berbelok, yang pertama bisa disebabkan karena kurangnya angin, yang kedua karena ban terlalu lama dan sudah tidak proporsional untuk digunakan. Jika sudah begini, maka harus cepat menggantinya dengan yang baru.

  • Kembang Ban Sudah Menipis

Kembang ban digunakan untuk memecah genangan air pada jalan yang dilintasi sehingga motor tidak mudah tergelincir. Apabila kembang ban sudah tidak terlihat berarti ban motor sudah terlalu lama digunakan dan harus cepat diganti.

  • Adanya Benjolan Pada Permukaan Ban yang Terlalu Lama Digunakan

Benturan keras dapat membuat permukan ban menjadi bergelomban atau benjol, memang tidak terlihat besar, namun bisa berakibat yang fatal terlebih lagi jika melaju kencang dan menikung. 

  • Tapak Ban Sudah Sejajar dengan Thread Whear Indicators (TWI)

Thread Whear Indicators (TWI) merupakan penanda berbentuk segitiga  yang terletak di sisi permukaan ban sebagai penanda batas keausan. Semakin dekat ujung permukaan ban dangan ujung TWI, ini menjadi pertanda bahwa ban anda sudah mulai tipis dan sebaiknya harus cepat diganti.

Rekomendasi Tempat Gandi Ban di Ngawi, Jawa Timur

Latu Surya Abadi merupakan tempat ganti ban di Ngawi, Jawa Timur yang dikhususkan di bagian penggantian oli dan ban, sudah berpengalaman dibidang otomotif. Tersedia perawatan ban seperti balancing, spooring, penambalan ban dan yang lainnya. Tidak hanya perawatan dan perbaikan ban, bengkel ini juga menyediakan penjualan ban dan oli dengan harga yang sesuai dengan kualitas. Untuk mendapatkan informasi lebih, dapat menghubungi nomor telepon bengkel maupun mendatangi langsung tempatnya.

Jadi, apakah ban kendaraan anda sudah menunjukkan ciri-ciri diatas? Jika iya, segera ganti dengan yang baru untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan anda. Tempat ganti ban di Ngawi ini dapat kamu jadikan rekomendasi jika ingin membeli ban kendaraan. Semoga bermanfaat.