Perbedaan Fungsi Access Point dan Wireless Router

Sekarang ini, lebih dari satu besar orang tetap kerap bertanya berkenaan Pengertian dan juga Perbedaan Access Point dan Wireless Router. Dua perihal ini sebetulnya adalah suatu hal yang terlalu berlainan kecuali dilihat dari lebih dari satu faktor yang ada. Selain itu, kecuali dilihat dari masanya, Access Point pun lebih dulu nampak daripada Wireless Router.

 

Perbedaan utama antara Wireless Access Point dan Wireless Router terdapat pada fungsi firewall (NAT) disamping fitur security. Pada kebanyakan wireless access point tidak mempunyai fitur NAT atau fitur firewall, dapat namun wireless roter mempunyai fitur NAT firewall dan security lainnya.

 

Apa itu NAT?

Dalam paham Wireless Access Point dan Wireless Router setidaknya kami sedikit paham bagaimana langkah NAT bekerja. Network Address Translation (NAT) adalah suatu fitur yang wajib tersedia pada seluruh jenis routers. NAT merupakan suatu metoda utama untuk menterjemahkan IP address yang tersedia dibelakang router / firewall kepada suatu IP address terdaftar untuk bisa mengakses Internet.

Lalu apa yang membedakan antara Access Point dan Wireless Router secara paham ? Apa kelebihan dan fungsi Access Point dan Wireless Router selanjutnya di dalam jaringan wireless ? Access Point atau Wireless Router yang wajib kami beli ?

Pengertian Access Point dan Wireless Router

Untuk menyaksikan Pengertian Acces Point dan juga Perbedaan Access Point dan Wireless Router, mari kami kaji terlebih dahulu dari pengertian kedua perihal ini.

Access Point merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan lebih dari satu wireless klien computer atau perangkat jaringan yang tergabung di di dalam sebuah jaringan yang sama. Jika kami mengibaratkannya sebagai nirkabel, cisco access point bisa dianggap seabagi sebuah switch atau Hub yang bertindak sebagai pusat dari pemamncar dan terhitung penerima pada sinyal-sinyal radio.

Access point merupakan sebuh node yang sudah dikonfigurasikan bersama dengan spesifik pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network).

Wireless Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN ) sehingga host-host yang tersedia pada sebuah network bisa berkomunikasi bersama dengan host-host yang tersedia pada network yang lain.

Perbedaan Access Point dan Wireless Router

Pengertian dari access point dan terhitung wireless router diatas merupakan perbedaan pertama yang kami bisa menyaksikan dari dua perangkat ini. Nah, tak sekedar perbedaan dari faktor pengertian, tetap terdapat lebih dari satu Perbedaan Access Point dan Wireless Router yang bisa kami ketahui. Berikut ini informasinya.

 

Wireless Router

Wireless Router bisa menghubungkan lebih dari satu jaringan wireless yang berlainan atau beda subnet
Wireless Router bisa menjadi DHCP server, di mana kebanyakan memerlukan server untuk pelayanan DHCP ini
Wireless Router bisa membelokkan paket knowledge yang ditujukan ke server spesifik (Port Redirect).
Wireless Router bisa memetakan port pelayanan yang tersedia di pc/server ke port yang berlainan (Port Forwarding).
Wireless Router bisa digunakan untuk Internet Sharing atau akses internet ke lebih dari satu komputer.
Wireless Router bisa jalankan NAT, yang mana IP Public internet dari ISP beda bersama dengan IP lokal komputer. NAT bisa dianggap

Seperti firewall, dikarenakan jaringan lain di internet tidak bisa secara langsung mengakses computer anda, namun wajib lewat Router dahulu.
Wireless Router bisa mengambil alih sebuah server jaringan yang sedia kan akses internet berbagi atau bandwidth manager

Wireless Router bisa jalankan Traffic Shaping / Bandwidth Management.

Access Point

Access Point berfungsi sebagai pintu gerbang bagi pengguna jaringan wireless untuk masuk ke di dalam jaringan.
Access Point tidak bisa menjadi server DHCP
Access Point tidak punya layanan Port Forwarding
Access Point tidak punya layanan Port Redirecting
Access Point tidak bisa mengambil alih sebuah server jaringan / Internet sharing
Access Point tidak punya fitur NAT, yang artinya tidak bisa menghubungkan 2 jaringan yang berbeda.
Access Point makin lambat tanggapan di dalam jaringan kecuali banyak user yang masuk / mengfungsikan jaringan
Access Point tidak memliki fitur bandwidth Management / Traffic Shaping

Pada dasarnya banyak sekali fungsi dan terhitung fitur yang bisa kami temui dan jalankan oleh perangkat seperti server dan terhitung router yang terhitung bisa dikerjakan oleh wireless router. Beberapa perbedaan Access Point dan Wireless Router di atas, merupakan perbedaan di fitur dasar dari sebuah peralatan wireless.

Wireless access point mempunyai kekuatan yang bisa dibilang lumayan terbatas yaitu cuma sebagai penghunbung dari lebih dari satu klien yang ada.

Sedangkan wireless ruter yang terhitung bisa bertindak sebagai access point bisa punya fungsi sebagai access point namun bersama dengan langkah mematikan routernya. Inilah yang menjadi inti atau anggapan dari Pengertian dan juga Perbedaan Access Point dan Wireless Router.

Itulah tadi lebih dari satu Info berkenaan Pengertian dan juga Perbedaan Access Point dan Wireless Router yang bisa meningkatkan wawasan kami bersama dengan untuk lebih paham dan paham Access Point dan Wireless Router. Access Point dan terhitung Wireless Router merupakan 2 perangkat yang hampir serupa namun ternyata berbeda.