Perhitungan Biaya Jasa Pasang Iklan Google AdWords Jakarta

Biaya selalu menjadi faktor penting yang harus menjadi pertimbangan utama para pengguna iklan Google sehingga para pemilik website harus menghitungnya secara rinci dan detail supaya sesuai. Oleh karena itu, berikut ini contoh cara perhitungan biaya untuk jasa pasang iklan Google AdWords Jakarta.

Perkiraan Anggaran di Jasa Pasang Iklan Google AdWords Jakarta

Langkah utama sebelum menghitung estimasi biaya jasa pasang iklan Google AdWords Jakarta  adalah dengan menentukan perkiraan anggaran ketika akan beriklan terlebih dahulu. Hal ini termasuk jumlah keyword, tarif per klik, total pencarian per bulan dan yang terakhir adalah ekspektasi CTR.

Bedanya dengan SEO adalah faktor-faktor tersebut bisa diperoleh secara gratis asalkan mengetahui strategi dan tekniknya. Akan tetapi pada Google AdWords terbatas sebab terdapat tarif untuk setiap kata kunci hingga jumlah per kliknya.

Sebagai contoh adalah untuk keywords “sepatu kets” memiliki biaya Rp 935,44 per klik dengan total pencarian hingga 40.500 tiap bulan. Untuk mengetahui hal tersebut ada banyak tools yang tersedia di Google sehingga Anda bisa memanfaatkannya.

Cara Menghitung

Langkah selanjutnya adalah mulai masuk ke tahap perhitungan. Namun, sebelum ke sana Anda harus tahu terlebih dahulu nilai dari CTR (Click Through Rate). Bisa juga dikatakan sebagai perbandingan antara jumlah per klik dengan tayang iklan.

Contohnya adalah apabila dalam kata kunci sepatu kets tersebut terdapat situs dengan total tayangan 200 per bulan. Sedangkan klik hanya mencapai 20 orang. Artinya (200/20)*100 % adalah 10%. Sebenarnya bagian ini cukup bebas untuk ditentukan sendiri atau istilahnya adalah ekspektasi.

Rumus Umum: Estimasi biaya iklan = total pencarian per bulan x tarif per klik x ekspektasi CTR

Maka, untuk contoh yang telah disebutkan sebelumnya mengenai kata kunci sepatu kets harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 3.788.532. Perhitungan tersebut merupakan estimasi untuk biaya selama satu bulan.

Seperti itulah cara perhitungan estimasi biaya jasa pasang iklan Google AdWords Jakarta. Ketika sudah mengetahui hal ini, maka Anda hanya tinggal merinci setiap kebutuhan perusahaan akan iklan sehingga dapat menyiapkan budget yang sesuai.