Resep Lapis Susu Bangka Super Manis Dan Enak

Pada kali ini kita bakalan bahas yang enak,manis yaitu resep lapis susu bangka digemari oleh banyak orang ingin taulebih banyak baca artikel ini.

 Lapis Susu Bangka

Lapis Susu Bangka

Lapis susu bangka ialah salah satu jenis kue yang sangat enak dan yang diminati oleh banyak orang. Selain rasanya yang manis juga mempunyai tekstur yang lembut dan juga sedikit basah atau moist dan akan lumer pada dalam mulut beberapa saat setelah dikunyah.

Berbeda  dengan halnya beberapa jenis kue lapis legit bikinan pabrik yang banyak dijual di toko-toko kue atau supermarket dan juga minimarket yang kebanyakan teksturnya lebih kasar hampir mirip dengan tekstur kue bolu.

Dari bahan-bahan yang digunakan serta proses pembuatannya, lapis legit Bangka memang berbeda dengan lapis legit lainnya yang dijual di pasaran pada umumnya

Biasanya lapis legit Bangka ini gunakan bahan spesial creamery butter Belanda yaitu Wijsman yang membuat teksturnya jadi lebih lembut dan juga aromanya lebih harum jika dibandingkan dengan butter merek lainnya.

Walaupun dari segi harga, butter Wisjman memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan butter lainnya sehingga menyebabkan harga jual lapis legit Bangka tentunya akan menjadi lebih mahal. Tapi justru itulah yang menjadi ciri khas lapis legit Bangka ini, walaupun mahal tapi tetap banyak dicari orang karena enaknya.

Resep Lapis Susu Bangka

1.Resep Lapis Susu Bangka

Resep Lapis Susu Bangka

Bahan-Bahan:

  • 22 butir kuning telur
  • Putih telur 7 butir
  • 300 gram margarine atau mentega
  •  Butter Wijsman 200 gram
  • 500 gram gula halus
  •  Tepung terigu kunci biru 225 gram
  • 2 sachet tepung susu
  • Susu kental manis 1/2 kaleng
  • 1 sdm vanili bubuk

Cara Membuat Resep Lapis Susu Bangka:

  1. Pertama pisahkan 22 butir telur kuning dari telur putihnya dan semua telur kuning tersebut ditempatkan di wadah atau baskom yang nantinya akan dipakai untuk mengocok telurnya. Sedangkan untuk telur putihnya cukup diambil 7 butir saja dan ditaruh di wadah atau baskom yang lainnya untuk nantinya dikocok atau di-mixer roti.
  2. Campurkan margarin dan butter Wijsman di wadah atau baskom tersendiri kemudian dikocok atau di-mixer hingga tercampur merata dan mengembang. Diperlukan waktu sekitar 15 menit agar adonan margarin dan butter ini mengembang dengan sempurna.
  3. Masukkan 500 gram gula halus ke wadah atau baskom kuning telur kemudian dikocok atau di-mixer hingga mengembang. Diperlukan waktu sekitar 20 menit hingga 25 menit agar bisa mengembang dengan sempurna.
  4. Kocok atau di-mixer 7 butir telur putih yang sudah dipisahkan dari telur kuningnya hingga mengembang menjadi busa putih. Diperlukan waktu sekitar 12 menit hingga 15 menit agar bisa menjadi busa.
  5. Masukkan adonan margarin dan butter Wijsman ke dalam adonan telur kuning dan gula halus tadi sambil diaduk hingga betul-betul merata.
  6. Masukkan tepung terigu menggunakan saringan atau ayakan secara perlahan sambil diaduk agar tercampur merata.
  7. Masukkan susu bubuk sebanyak 2 sachet ukuran kecil dan 1 sdm bubuk vanilli sambil diaduk merata, kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kaleng susu kental sambil terus diaduk merata.
  8. Masukkan busa putih telur ke dalam adonan kemudian diaduk agar tercampur merata.
  9. Semua adonan sekarang sudah menjadi satu adonan dan siap untuk dipanggang di oven.
  10. Masukkan baking paper ke dalam loyang untuk dijadikan sebagai alasnya atau jika tidak menggunakan baking paper bisa dengan mengoleskan margarin ke alas loyangnya kemudian ditaburi dengan tepung terigu agar nantinya lapisan paling bawah tidak lengket.
  11. Gunakan cangkir untuk dijadikan sebagai takaran. Masukkan adonan ke dalam cangkir hingga penuh kemudian adonan tersebut dituangkan ke dalam loyang. Ratakan adonan dengan sendok hingga merata ke dalam loyang tersebut.
  12. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat celcius dengan menggunakan api atas-bawah sekitar 3-5 menit. Kemudian setelah panas, ganti setting apinya ke posisi api atas saja dengan temperatur 160 derajat celcius.
  13. Loyang yang sudah berisi adonan dimasukkan ke dalam oven dan tunggu hingga menguning keemasan baru kemudian dikeluarkan dari oven untuk selanjutnya dimasukkan adonan lapisan kedua dengan menggunakan cangkir takaran yang sama.
  14. Lapisan kedua dan seterusnya dipanggang hingga lapisan terakhir penuh ke dalam loyang tersebut.
  15. Tunggu sampai dingin untuk dikeluarkan dari loyang. Caranya digoyang-goyang loyangnya hingga pinggiran kue lapis legit tersebut tidak melengket lagi dengan loyangnya. Setelah itu lapisi atasnya dengan plastik dan alas kue ukuran 22cm, kemudian dibalik hingga kue lapis legitnya keluar dari loyangnya. Kemudian posisi atasnya dilapisi lagi dengan plastik dan alas kue yang sudah disiapkan, selanjutnya dibalik lagi hingga bagian atas lapis legit tadi berada di posisi atas.

Demikianlah resep lapis susu bangka yang super manis dan enak semoga bisa membantu kalian juga bisa membuat sawut singkong dan terima kasih.