Pengertian Open Trip Dan Kelebihan – Kelebihannya 

Pernahkah anda mendengar mengenai open trip ? Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan open trip ? Mungkin anda sudah sering mendengar mengenai open trip, paket perjalanan jenis ini sudah lama terkenal sejak tahun 2017. Tren yang satu ini terus berkembang seiring dengan gaya hidup manusia yang menjadikan liburan menjadi sebuah kebutuhan. Lalu, apa itu sebenarnya open trip ? Bagaimana cara kerjanya ? Apa saja kelebihan – kelebihannya ? pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas pertanyaan – pertanyaan tersebut. Maka dari itu, simaklah penjelasannya sampai tuntas !

 

Apa Itu Open Trip ?

trip tour

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu open trip, Open trip merupakan perjalanan wisata yang dilakukan oleh grup yang berisikan orang – orang random atau orang – orang yang mungkin saja belum mengenal satu sama lain. Keuntungan utama yang anda dapatkan dari open trip adalah biaya pengeluaran yang jauh lebih sedikit (karena dibagi dengan jumlah orang) dibandingkan dengan private trip atau perjalanan yang dilakukan sendirian.

Sebuah perjalanan biasanya memiliki destinasi yang telah ditentukan sebelumnya, tanggal perjalanan, dan berbagai macam aktivitas wisata yang akan anda lakukan di destinasi wisata. Jadi pada open trip, hal ini akan menjadi lebih menyenangkan karena dilakukan bersama dengan banyak orang dan membantu anda mengenal orang – orang baru. Tidak jarang juga banyak orang yang menemukan pasangannya dalam perjalanan open trip ini.

Jadi, jenis perjalanan seperti ini sangat cocok bagi mereka yang kesulitan menemukan teman liburan bersama atau mereka yang memiliki budget sedikit. Biasanya, pemandu wisata sudah tersedia dengan memilih pemandu lokal di setiap destinasi wisata sehingga biaya untuk akomodasi dan konsumsi akan lebih murah dibandingkan ketika anda melakukan perjalanan wisata sendiri. 

 

Kelebihan – Kelebihan Open Trip

  • Budget yang dikeluarkan lebih sedikit

Seperti penjelasan sebelumnya, open trip merupakan trip yang dilakukan dengan sekelompok orang. Dengan banyaknya orang yang mengikuti ini, maka biaya keseluruhan trip akan dibagi rata sesuai dengan jumlah peserta. Contohnya saja ketika anda akan pergi berwisata di pantai Parangtritis bersama dengan 7 orang lainnya. Apabila anda tidak mengikuti paket trip gabungan, maka biaya sewa perahu atau kapal untuk berkeliling di pantai Parangtritis hanya akan dibagi dengan 8 orang. Berbeda dengan jika anda mengikuti trip gabungan, biaya sewa akan dibagi rata dengan seluruh anggota trip gabungan yang biasanya terdiri dari 10 – 15 orang. Jika begitu, biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap orang akan menjadi lebih sedikit.

  • Bertemu dengan orang – orang baru

Apabila anda kesulitan mencari teman untuk berlibur bersama, open trip dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Anda dapat berlibur kemanapun yang anda suka tanpa harus pusing memikirkan atau mencari teman untuk berlibur. Karena sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa open trip merupakan perjalanan wisata dengan sekelompok orang yang mungkin dapat berisi orang – orang baru yang belum mengenal satu sama lain. 

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai open trip dan kelebihan – kelebihannya. Bagi anda yang tertarik untuk berlibur di daerah Jogja dan Malang, anda dapat memilih paket tour Jogja Malang yang disediakan oleh Jogja Jejak Wisata. Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket – paket yang tersedia, anda dapat mengunjungi halaman website berikut https://www.jogjajejakwisata.com/.