Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web

Sekarang ini munculnya aplikasi absensi karyawan berbasis web menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya resiko kecurangan dari absensi dengan sistem konvensional. Karena memang sudah bukan rahasia lagi bahwa keberadaan metode absensi konvensional sering kali dimanfaatkan oleh siswa maupun juga karyawan dengan cara TA atau titip absen. Padahal sebenarnya kehadiran ini sangatlah penting karena juga digunakan untuk mengetahui kinerja dan berdampak pada produktivitas di dunia kerja.

 

Perusahaan-perusahaan besar sekarang ini memang sudah tidak lagi memaki absensi berbasis konvensional, maupun juga fingerprint yang beberapa tahun lalu juga tengah booming. Mereka sudah beralih dengan memakai aplikasi untuk absensi ini, apalagi begitu banyak manfaat yang diberikan, diantaranya adalah:

 

  1. Rekapitulasi data nantinya dapat dilakukan secara mudah, pencatatan data secara manual memang akan menambah beban kerja untuk merekap data akhir mengenai kehadiran mereka, sehingga memakan waktu yang lama. Namun tidak jika seandainya sudah berbasis aplikasi, karena secara langsung akan di rekap oleh sistem.
  2. Dapat menghemat biaya pengadaan perangkat, karena aplikasi ini tinggal didownload dan juga diinstall pada ponsel masing-masing, tidak seperti sistem fingerprint yang membutuhkan serangkaian perangkat untuk dipakai. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli perangkat tersebut, bahkan juga perawatannya sendiri terbilang cukup mahal.
  3. Pemantauan dapat dilakukan secara realtime, karena memang terkoneksi dengan internet, maka nantinya kemampuan yang didapatkan untuk melakukan pemantauan ini sendiri juga bersifat realtime. Sehingga kehadiran maupun keterlambatan juga dapat diketahui secara lebih mudah.
  4. Dari segi perhitungan jam kerja juga menjadi lebih akurat, keberadaan internet disini nantinya akan memungkinkan sinkronisasi waktu pada setiap perangkat yang terhubung .

 

Begitu banyak memang manfaat yang dapat dirasakan dengan memakai aplikasi absensi karyawan berbasis web ini, sehingga banyak perusahaan yang sekarang ini juga memanfaatkan pemakaiannya. Apalagi pengembang yang membuat aplikasi tersebut juga kian banyak, sehingga Anda harus lebih selektif dalam menjatuhkan pilihan. Pastikan yang memang benar-benar bagus dan sesuai budget tentunya.