Bisnis kuliner selalu menjadi bisnis yang tidak pernah mati. Di antara sekian banyak bisnis kuliner, bisnis makanan Rumahan online mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Ini karena industri makanan memiliki potensi besar untuk sukses.

Pada dasarnya peluang bisnis kuliner di Indonesia bisa mencapai 10,79 persen setiap tahunnya. Ini menunjukkan betapa besar potensi bisnis kuliner ini, apalagi jika Anda menggunakan strategi yang tepat. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, simak ide-ide berikut ini!

 

7 Ide Bisnis Makanan Rumahan Online Terbaik

bisnis makanan rumahan online

1. Makanan Tradisional

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Di antara sekian banyak budaya daerah Indonesia, daya tarik kulinernya menjadi daya tarik tersendiri yang bisa dibanggakan. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Dengan cara ini Anda bisa menjual makanan tradisional daerah Anda. Sejauh ini pilihan yang paling populer dan cukup banyak adalah makanan Padang dan makanan Jogja seperti Gudeg.

2. Pangan Internasional

Inspirasi toko kelontong dalam negeri selanjutnya adalah pangan luar negeri. Orang Indonesia seringkali lebih menyukai rasa makanan asing, sehingga terkadang mereka lebih sering memakan makanan tersebut.

Bahkan, kini Anda juga bisa mengkreasikan masakan luar negeri seperti masakan Korea dan Amerika dengan cita rasa Indonesia. Ini akan membuat bisnis Anda berbeda dari bisnis makanan sejenis lainnya.

3. Bisnis Makanan Rumahan Online : Katering Bento

Secara umum banyak peminat saat menyajikan bento seperti ini, termasuk ibu-ibu dan anak kecil. Lalu mengapa? Karena biasanya para ibu membelikan masakan jenis ini untuk anaknya sekolah.

Anda dapat mengganti menu setiap hari agar pelanggan Anda tidak pernah bosan memasak. Selanjutnya, Anda bisa mempromosikan produk bisnis kuliner Anda secara online. Dengan begitu, jangkauan pelanggan bisnis Anda bisa lebih luas.

Baca Juga : Ide Bisnis Makanan Rumahan Online Yang Cocok Di Tahun 2023

4. Berbagai Jenis Keripik Kentang

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai rasa kentang yang dibuat dengan bahan yang berbeda-beda, seperti makaroni, cookies, keripik kentang, dll. Bahkan, sebagian dari mereka makan keripik kentang bersama makanan pokok lainnya. Oleh karena itu ini bisa menjadi cara yang sangat baik untuk memulai. Jika Anda ingin lebih sukses dalam bisnis kuliner ini, Anda juga bisa menjualnya secara online. Manfaatkan pasar dan layanan pengiriman makanan yang ada.

5. Bisnis Makanan Rumahan Online Selanjutnya : Donat Kepang

Bombolon donat mungkin bisa menjadi inspirasi bisnis makanan rumahan online yang menjanjikan, namun donat kepang ala korea ini juga bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi pemilik usaha.

Berkat bentuknya yang unik, banyak orang yang membeli donat kepang. Hal tersebut tidak sia-sia, karena masyarakat Indonesia masih belum familiar dengan bentuk unik tersebut. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda juga menjual jajanan ini secara online.

6. Martabak Manis Gurih

Meski martabak manis dan mancanegara biasanya hanya dijual pada sore hari, pada malam hari produk ini bisa laku sepanjang hari. Dengan cara ini keuntungan Anda bahkan bisa meningkat. Dapatkan hasil yang lebih baik dari yang diharapkan dengan menjual produk utama Anda secara online. Manfaatkan media sosial dan aplikasi pesan antar makanan saat ini untuk menjual produk kuliner bisnis Anda.

7. Bisnis Makanan Rumahan Online Terakhir : Mentai Salmon Rice

Untuk bisnis makanan rumahan online terinspirasi dari makanan jepang yang sangat enak. Perpaduan saus salmon dan mentai memberikan cita rasa khas Indonesia. Anda bisa menjual makanan ini secara online maupun offline. Dalam penjualan online, Anda bisa memanfaatkan keberadaan media sosial, marketplace, dan makanan untuk menjual produk tersebut secara lebih luas.

Sedangkan untuk penjualan offline, Anda bisa menjual produk kuliner ini dengan membuka warung makan sederhana di depan rumah Anda. Anda tidak perlu menyiapkan terlalu banyak ruang karena Anda tidak membutuhkannya.