Cara Membuat Keripik Bawang Merah Gurih Renyah Dan Enak

Cara membuat keripik bawang merah ialah salah satu cemilan yang gurih, renyah,dan enak. Keripik ini memang jadi cemilan yang begitu populer dan banyak digemari oleh banyak orang.Untuk membuat keripik ini caranya juga tidak sulit dan bahan-bahannya sederhana.

Cara Membuat Keripik Bawang Merah

1.Keripik Bawang Merah

Cara Membuat Keripik Bawang Merah

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  •  Tepung tapioka 100 gram
  • 1 sdt garam halus
  •  Gula pasir 1/2 sdt
  • 1/4 sdt lada bubuk
  •  Telur kocok lepas 1 buah
  • 5 butir bawang merah cincang halus
  •  Santan kental 150 ml
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kripik

Cara Membuat Keripik Bawang Merah:

  1.  Pertama tuangkan tepung terigu dan juga tepung tapioka pada dalam suatu wadah,berikan bumbu garam halus, gula pasir, lada bubuk, serta bawang merah cincang, aduk sampai seluruh tercampur rata.
  2. Masukkan telur kocok dan juga santan kental, aduk kembali sampai adonan bergumpal-gumpal. Hentikan untuk aduk, biarkan adonan sekitar kurang lebih 15 menit dan tutup menggunakan lap atau serbet bersih.
  3. Alat giling mie atau mesin pasta, giling adonan kripik dari no .1 dan giling sampai kalis, kurang lebih sampai 3 kali. Teruskan giling ke no.2, giling sampai 2 kali. Naik kembali giling ke no.3, lanjut terus sampai terakhir giling ke no.5.
  4. Taburkan adonan kripik yang telah tipis dengan tepung terigu, potong sepanjang kurang lebih 30cmx15cm lalu gulung dan juga olesi gunakan air diujung gulungan. Potong-potong serong dengan pisau yang tajam. Kalau mau dipotong dengan model cheese stick atau panjang, kotak persegi panjang, jajaran genjang ataupun model yang lain juga bisa sesuai dengan selera dan juga kreatifitas masing-masing.
  5. Goreng dengan deep fryer. Bolak balik supaya tak gosong, jika telah memiliki warna kuning kecoklatan segera angkat, dan tiriskan dengan mesin peniris minyak. Biarkan sampai dingin baru disimpan pada dalam tempat yang kedap udara, atau dikemas dengan plastik atau toples bening.

Baca Juga:Cara Membuat Keripik Kentang Renyah

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang anda dapatkan dari konsumsi bawang merah.

1.  Menyehatkan Tulang

Satu bawang terdapat 25,3 mg kalsium. Kalsium ialah kandungan yang bagus bagi tulang. Tambahkan sayuran ini pada salad bisa bangun kesehatan tulang yang lebih baik.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bawang ialah panganan yang banyak akan flavonoid dan tiosulfinat. Flavonoid pada bawang bantu kurangi kolesterol jahat pada dalam tubuh Sementara itu, tiosulfinat diketahui menjaga konsistensi darah. Karena ini, risiko serangan jantung dan stroke dapat berkurang secara signifikan jika Sebuah laporan oleh Cambridge University Press, sebagaimana terdapat dalam artikel di juga mengatakan bahwa flavonoid yang ada dalam bawang merah membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Baca Juga: Studi Menemukan Ibu yang Diet Sehat Terhindar dari Kelahiran Prematur

3. Buat Kulit Bercahaya

Bawang merah mengandung vitamin A, C, dan K. Ketiga vitamin ini bagus untuk kulit supaya terlihat bercahaya. Vitamin ini tidak hanya membantu menghilangkan pigmentasi di kulit wajah dan tubuh, tetapi juga melindungi kamu dari sinar UV yang berbahaya.

4. Meningkatkan Pengelihata

n Bawang juga bagus untuk membuat mata menjadi lebih sehat. Selenium dalam bawang membantu dalam produksi vitamin E, yang pada gilirannya mencegah masalah mata yang menyakitkan ini. Bahkan, obat tetes mata alami juga mengandung ekstrak sari bawang merah.

5. Menyehatkan Mulut

Banyak dari kita menghindari makan bawang karena bau mulut yang ditimbulkannya. Akan tetapi bawang justru bagus untuk kebersihan mulut. Dengan kandungan vitamin C, mulutmu pun bisa menjadi sehat dan bersih. Jadi cukup kupas, makan, dan ulangi untuk mendapatkan kebaikan bawang

Itulah cara membuat keripik bawang merah dan juga manfaatnya semoga bermanfaat terima kasih.