Cara Membuat Kerupuk Singkong Yang Enak Dan Gurih

Pada sekarang ini banyak makanan atau cemilan yang terbuat dari singkong, salah satunya adalah kerupuk singkong. Cara buat kerupuk singkong sangat mudah sekali, anda bisa menggunakan mesin keripik singkong untuk membantu membuatnya agar lebih mempercepat proses pembuatanya.

Singkong

Pohon singkong (Manihot utilissima) atau disebut juga singkong merupakan salah satu tanaman dikotil asli Amerika Selatan yang sangat mudah dibudidayakan dan menawarkan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang memiliki pohon singkong di lingkungan rumahnya. Karena sangat mudah ditanam, pohon singkong, meski tidak perlu disiram setiap hari, cenderung tetap hidup dan berkembang.

Meskipun pohon singkong mudah dibudidayakan, sulit untuk hidup selama musim panas atau musim hujan yang terus menerus karena batang pohon singkong cenderung mengering atau mudah busuk. Pohon singkong yang digunakan mulai dari daun, batang dan umbinya.

Ciri-ciri Pohon Singkong:

  • Memiliki batang berwarna coklat yang ada bintik-bintik
  • Memiliki daun sejajar atau melengkung
  • Memiliki akar
  • Bunga
  • Umbi

Macam-macam pohon singkong:

  • Singkong kasesa
  • Singkong thailand
  • Singkong mentega
  • Singkong susu
  • Singkong gajah
  • Singkong mukibat
  • Singkong Emas
  • Singkong manggu

Manfaat batang singkong:

Luka yang bernanah

Batang singkong dapat digunakan untuk mengobati luka bernanah dengan cara menumbuk batang daun singkong yang ditempelkan hasil tumbukan langsung pada luka yang bernanah kemudian dibalut dan didiamkan dalam waktu seminggu, kemudian luka tersebut perlahan sembuh. Contoh Dapat digunakan sebagai kayu bakar

Manfaat daun singkong:

Merendahkan tekanan darah tinggi

Daun singkong dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena daun singkong mengandung serat yang tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Mengatasi stroke

Daun singkong dapat digunakan untuk mengobati stroke karena daun singkong mengandung isoflavon yang merupakan salah satu jenis flavonoid.

Baik untuk ibu hamil

Daun singkong baik untuk ibu hamil karena mengandung vitamin C dan asam folat. Semangkuk daun singkong mengandung 15 persen folat yang dibutuhkan untuk tumbuh dan 47 persen kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

sebagai obat cacing

Daun singkong dapat dijadikan sebagai jamu obat cacing karena kandungan dalam daun singkong dapat menghancurkan cacing di dalam tubuh kita karena adanya racun yang ada di dalam daunnya.

Membantu mengobati diare

Jika diare, memasak dan memakan daun singkong bisa disembuhkan, bisa digunakan untuk lalapan, atau dijadikan sayur, tetapi airnya tidak boleh diminum karena mengandung racun.

Meredakan rematik

Penyakit rematik termasuk penyakit yang menyerang organ kaki. Ternyata daun singkong dapat digunakan sebagai obat anti rematik karena mengandung zat anti inflamasi. Zat-zat tersebut mencegah keluarnya zat-zat lain di dalam tubuh yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Selain itu, ini adalah obat herbal yang tidak memiliki efek samping, sehingga sangat baik untuk tubuh.

Manfaat ubi singkong :

Menurunkan berat badan

Dapat membantu menurunkan berat badan karena singkong adalah makanan berserat tinggi dan rendah kalori bila dikonsumsi dalam diet sehari-hari.

Pencernaan tubuh

Singkong sangat baik untuk pencernaan karena ubi jalar mengandung serat yang tidak larut dalam air, yang membantu tubuh menyerap racun yang masuk ke usus untuk kemudian diproses sehingga dapat melakukan hal yang baik untuk pencernaan Anda.

Baik untuk mata

Singkong sangat baik untuk mata karena memiliki vitamin A dan senyawa seperti beta-karoten yang dapat membuat mata menjadi jernih dan tidak buram.

Daya tahan tubuh

Ubi jalar mengandung betakaroten, vitamin B, zat besi, dan fosfor yang dapat membantu menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga dapat tumbuh secara seimbang.

Jajajan Tradisonal

Umbi singkong juga dapat digunakan untuk membuat jajanan tradisional Indonesia seperti: Cenil, Tape, Timus, Oncom, Gethuk, Rondo Royal, Sagut Manioc, Ongol-Ongol, Cemplon dan Manioc Compote.

Resep Membuat Kerupuk Singkong

Bahan:

  1. Sediakan 1 kg Singkong Parut
  2. Siapkan secukupnya Garam
  3. Sediakan 200 gr Tepung Tapioka
  4. Siapkan Plastik lontong
  5. Sediakan secukupnya Pewarna Makanan Merah

Cara Membuat:

  1. Singkong dikupas, cuci bersih lalu di parut, tiriskan agar kandungan air berkurang. Tambahkan garam, tepung tapioka aduk rata. Masukkan dalam plastik lontong lalu ikat bagian ujungnya. Atau bisa juga adonan dibentuk bulat lonjong ukuran sedang. Lakukan hingga adonan habis lalu kukus, sampai matang. Angkat kemudian dinginkan.
  2. Larutkan pewarna Makanan dalam piring dengan beberapa sendok makan air aduk rata.
  3. Setelah dingin buka plastik pembungkus parutan singkong. Kemudian masukkan dalam cairan pewarna Makanan, gulingkan hingga merata dipermukaannya. Keringkan/ anginĀ²kan seharian atau simpan dalam kulkas.
  4. Potong tipisĀ² dengan pisau yang tajam adonan Kerupuk. Jemur sampai kering dibawah terik matahari.
  5. Goreng dan siap untuk pendamping hidangan.

Cara Membuat kerupuk Singkong dan resep keripik pisang memang sangat mirip dalam proses membuatnya. Yang membedakan keduanya hanya bahan bakunya saja. Membuat keripik singkong sangatlah mudah sekali anda bisa menggunakan bantuan mesin untuk membantu proses pembuatan agar lebih cepat.