Cara Membuat Minyak Atsiri Di Rumah

Haloo kawan kawan pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah cara membuat minyak atsiri di rumah, nah bagi kalian yang ingin membuatnya sendiri bisa membaca artikel ini sampai selesai yaa.

Minyak Atsiri

cara membuat minyak atsiri dirumah

Aromaterapi merupakan terapi komplementer yang menggunakan minyak atsiri sebagai agen terapi utama untuk mengobati berbagai penyakit.

Minyak atsiri atau essential oil diperoleh dengan berbagai cara dari bunga, kulit kayu, batang, daun, akar, buah dan bagian tumbuhan lainnya.

Penggunakan minyak atsiri mulai digunakan setelah para ahli mengatakan bahwa minyak atsiri memiliki sifat antiseptik dan pemeabilitas kulit untuk kulit essensial.

Cara seperti mandi inhalasi dan aromaterapi biasanya digunakan untuk mengoleskan ekstrak tumbuhan ini agar bisa menembus permukaan kulit.

Begitu minyak berada dalam sistem tubuh, cairan esensial akan berubah dan bekerja dengan baik di area kerusakan tubuh.

Terapi dari minyak atsiri ini memakai berbagai macam kombinasi dari berbagai jenis kombinasi untuk melawan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh seperti stress, depresi, sakit kepala, nyeri otot, insomnia, masalah pernafasan, kulit dan sendi yang membengkak.

Selain itu, minyak atsiri juga telah dipelajari dalam berbagai jenis literatur yang berkaitan dengan perawatan kesehatan mental, obat-obatan, kosmetik, psikologi, indera penciuman, relaksasi, dan perawatan tanaman.

Cara membuat minyak serai di rumah

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat minyak esensial.

1. Cara memanen daun serai yang benar

Untuk mendapatkan sensasi wangi yang lebih enak, kita bisa memilih sendiri daun sereh yang kita pilih sendiri kualitasnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membudidayakan serai wangi terlebih dahulu.

Pemotongan daun atsiri sangat penting karena ini dapat mempengaruhi produksi minya atsiri selanjutnya, oleh karena itu pemotongan daun atsiri dengan diameter 5 cm merupakan hal yang paling benar. Dengan helaian daun di bagian bawah daun yang belum mati atau sudah kering, anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut:

Serai sebaiknya dari masa panen 1-3, saat memasuki masa panen hasilnya akan menurun
Saat pertama kali dipanen, Citronella berumur 6-9 bulan.

2. Siapkan bahan-bahan untuk membuat minyak serai

Tanaman serai wangi merupakan tanaman yang secara alami mengandung minyak atsiri. Nah, untuk mendapatkan minyak yang berkualitas tinggi, Anda perlu mengolah daun yang masih segar.

Namun, jika tidak bisa langsung diproses, Anda bisa mengeringkannya selama 3-4 jam sebelum disimpan, ini menurunkan kadar sitronelal dan geraniol dan mencegah pembusukan. Sehingga produksi minyak tetap baik, bahkan saat tanaman tidak segar.

3. Cara membuat minyak sereh dengan teknik destilasi

Untuk mengekstrak minyak dari daun serai, Anda harus melalui proses penyulingan, kalian dapat membeli alat ini berdasarkan persyaratan ukuran Anda atau bahkan membuat panduan untuk alat ini.

Berikut ini adalah proses penyulingan daun serai yang akan anda lakukan:

Masukkan air secukupnya ke dalam diam
Masukkan serai ke dalam ketel, lindungi ujung-ujungnya untuk mencegah panasnya mengering
Setelah beberapa saat, minyak esensial akan terlihat di tabung pemisah
Jika Anda menggunakan 1 ton daun, dibutuhkan sekitar 5 jam untuk menyuling dengan kecepatan 120 kg uap / jam

Biasanya minyak sereh wangi yang merupakan produk akhir dari proses pemurnian memiliki kualitas 0,7-0,9%.

Baiklah kawan kawan mungkin sekian dari artikel yang dapat saya bagikan pada kali ini, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak atsiri sendiri bisa membeli alat pembuatannya ya sehingga dapat mempermudah pembuatannya, ada banyak website yang menjual alat destilasi minyak atsiri yang berkualitas.