Kecantikan Coban Kethak

Coban Kethak adalah wisata alam dengan daya tarik utamanya yaitu air terjun. Buat kalian yang mengerti Bahasa Jawa, mungkin kalian kalian bertanya-tanya kenapa ada kata “kethak” di namanya. Ya, “kethak” merupakan Bahasa Jawa yang berarti “kera”. Tetapi nama ini disemaikan bukan karna tempat ini jadi salah satu tempat bertapa Kera Sakti, melainkan di area air terjun yang masih asri ini terdapat banyak kera liar. Air terjun ini memiliki nama lain, yaitu Grojogan Singo atau Coban Singo Edan. Nama Grojogan Singo muncul karena terdapat batu besar yang tersusun secara alami dengan bentuk yang menyerupai kepala singa. Air terjun ini mengalir deras dengan ketinggian 25 meter.

Tempat rekreasi Malang ini diresmikan oleh Pemkab Malang lebih dari 6 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 4 November 2014. Pesona yang ditawarkan air terjun Kethak Kasembon membuat pengunjung berbondong-bondong kesini. Terlebih ketika memasuki musim liburan tiba. Menurut pengelola wisata, tiap harinya pengunjung yang datang kesini mencapai angka 400 orang. Selain itu, akses jalan pun tergolong bagus. Oleh sebab itu, wisatawan tak merasa kesulitan ketika membawa kendaraan pribadi. Bahkan harga tiket masuk wisatapun tergolong murah-meriah, sesuai kantong mahasiswa ataupun karyawan.

Air terjun Coban Kethak berada di Desa Pait, Kecamatan Kesambon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 70 km dari pusat kota Malang. Memang cukup jauh karena lokasinya yang berada di perbatasan Kediri-Malang. Untuk rute menuju wisata ini sangat mudah. Jika kalian memulai perjalanan dari pusat kota Malang, maka kalian ambil arah menuju kota Kediri. Puntu masuk air terjun ini berada di Jalan Raya Batu-Kediri. Lokasinya berada di pinggir jalan dan terdapat petunjuk arah dengan tulisan nama wisata ini. Jadi akan sangat mudah untuk menemukannya. Dari area parkir, pengunjung cukup berjalan selama lima menit untuk menuju lokasi air terjun.buruan kesini bersama travel malang juanda.

Harga Tiket, Jam Operasional dan Fasilitas

Biaya tiket masuk ke Coban Kethak ini terbilang sangat murah, pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 perorang. Dan untuk biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan biaya yang sangat murah tersebut, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan menawan yang juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung di dalamnya.

Untuk jam operasional wisata ini yaitu buka mulai pukul 08.00 WIB dan tutup kembali pada pukul 16.00 WIB. Sebenarnya waktu paling tepat berkunjung kesana pada pagi hari hingga sore hari, sebab ketika pagi hari suasana di sana sangat nyaman dan asri. Ditambah dengan udara pagi sangat sejuk dan bagus untuk kesehatan. Setidaknya juga mengantisipasi tingginya jumlah pengunjung yang datang ke sana.

Seperti tempat wisata pada umumnya, Coban Kethak juga memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan pengunjung. Terdapat beberapa kedai yang menjual makanan ringan, makanan berat, dan juga beragam minuman. Jadi kalian bisa membawa bekal secukupnya tanpa khawatir kelaparan dan kehausan. Di sini juga tersedia beberapa macam peralatan gym outdoor yang dapat digunakan pengunjung. Jadi pengunjung bisa berolahraga sambil menikmati keindahan dan kesejukan alam. Wah, unik ya. Menyusuri ke bawah, pengunjung akan menemukan play ground untuk anak-anak dengan beberapa macam permainan seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Namun area play ground ini agak jauh dari lokasi air terjun. Jadi bagi pengunjung yang membawa anak perlu waspada dan selalu awasi anaknya. Tentu saja di wisata ini juga terdapat toilet umum dan beberapa spot foto khas dengan background set yang disediakan. Itu menjadi fasilitas yang wajib ada bukan? Dengan biaya yang murah, fasilitas unik dan lengkap, serta keindahan air terjun yang menawan menjadi alasan pengunjung untuk berkunjung kesini. Jadi kalian punya alasan apa untuk tidak berkunjung? Ayo segera ajak teman dan keluarga untuk berwisata bersama ke tempat wisata ini, langsung aja berangkat bareng sama travel malang surabaya murah.