Lucu nya Hewan-Hewan di Surabaya Zoo

Welcome Animal Lovers! Buat kalian yang lagi di Surabaya atau mau ke Surabaya, pasti butuh refrensi tempat liburan yang asik kan? Nah tempat ini cocok banget nih buat liburan bareng keluarga, hang out sama temen-temen, atupun nge-date sama pacar. Selain menyenangkan bisa liat binatang-binatang lucu dan langka, kalian bisa belajar banyak dan nyiptain momen sweet gak bakal terlupakan bareng orang terdekat kalian.

Siapa sih yang gak tau Kebun Binatang Surabaya? Gak mungkin dong ya kan? Nah ada info-info menarik nih buat kalian, cari tau lebih dalam yuk gimana sih keadaan di Kebun Binatang Surabaya itu? Sini deh, simak pembahasan kali ini tentang Kebun Binatang Surabaya atau yang biasa disingkat dengan KBS. Let’s go!

Jadi, Kebun Binatang Surabaya ini adalah salah satu kebun binatang tertua di Asia Tenggara yaing berdiri di tanggal 31 Agustus 1916 di Kaliondo dan pindah lokasi ke Darmo setahun kemudian sampe sekarang. Tempat ini resmi dibuka buat umum pada April 1918 sesudah 4 tahun berjalan. Lokasinya ada di Jalan Setail No. 1 Surabaya, di dekat patung ikon “Suroboyo” juga dekat dengan terminal “Joyoboyo” sehingga mudah di jangkau. Makin penasaran kan? buruan langsung mampir kesini bersama travel malang surabaya murah.

Dulunya, tempat ini terancam dibubarkan karena mengalami krisis, tapi keputusan ini gak disetujuin sama para pengurus. Lalu pada akhirnya, pemerintah pun turut serta buat nyegah tempat ini dibubarin sampe-sampe banyak upaya yang dilakuin, salah satunya kayak ngedatengin pakar satwa dari luar negeri demi revitalisasi KBS biar makin lebih baik lagi.

Nah, Kebun binatang yang letaknya di Surabaya ini pernah jadi kebun binatang yang paling lengkap se Asia Tenggara lho! Hewan-hewan yang dipelihara di sana jenisnya lebih dari 211 spesies satwa berbeda, dan jumlah hewannya juga lebih dari 2.236 ekor, termasuk satwa-satwa yang langka di Indonesia maupun dunia. Di dalam sana lengkap dengan berbagai jenis hewan kayak mamalia, reptile, aves, dan pisces.

Tempat wisata ini luasnya sekitar 85 ribu meter persegi dan terbagi menjadi beberapa bagian wilayah yang mencakup taman satwa dan taman rekreasi. Seiring berjalannya waktu, pihak pengelola berupaya menambah koleksi satwa di dalamnya, dan meningkatkan kenyamanan fasilitas umum.

Kebun Binatang Surabaya ini tentunya gak cuman dibangun buat sekedar jadi sarana tempat wisata aja lho, ada juga maksud, fungsi, dan peranan lain yang jadi alasan berdirinya tempat ini. Pertama fungsi edukasi, yaitu bertujuan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat buat nanemin rasa peduli terhadap binatang dan mengembangkan ilmu pengeahuan tentang dunia fauna beserta habitat mereka.

Kedua yaitu fungsi rekreasi, pasti tau dong apa sih fungsi rekreasi itu? So, yang dimaksud sebagai fungsi rekreasi adalah sebagai tujuan wisata yang worth it dan affordable buat masyarakat dari berbagai kalangan.

Selanjutnya yaitu fungsi konservasi, tujuannya yaitu buat nyelametin satwa-satwa yang hampir punah karena habitatnya yang rusak ataupun diburu manusia. Lalu yang terakhir, yaitu berfungsi sebagai riset dan penelitian yang biasanya dibutuhkan oleh para pakar konservasi baik di tingkat nasional maupun internasional dari berbagai disiplin ilmu kayak biologi, pariwisata, pertanian, peternakan, dan kedokteran hewan.Kebun Binatang Surabaya kini udah makin tertata lebih baik, koleksi binatang di dalamnya makin lengkap dan dalam kondisi yang baik. Apalagi sekarang lingkungan kebun binatang makin sejuk dan asri karena banyak ditumbuhi pepohonan. Taman-tamannya juga sangat tertata rapi, sehingga bikin para wisatawan yang berkunjung bakal lebih nyaman pas keliling ataupun piknik di taman.

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatiin sebelum datang ke Kebun Binatang Surabaya. Pertama, pembelian tiketnya lewat website resminya KBS di tiket.surabayazoo.co.id, sehari sebelum kunjungan. Lalu yang kedua, selama pademi korona ini, ibu hamil, lansia, dan anak-anak yang tingginya kurang dari 85 cm tidak boleh berkujung dulu.

Buat harga tiket masuknya, cuman 15 ribu per orang, tapi buat anak-anak yang tingginya kurang dari 85 cm gak dikenai biaya tiket masuk. Sedangkan, buat nikmatin wahana permainan di dalam kebun binatang, ada biaya tiketnya tersendiri. Jam buka operasional kebun binatang ini yaitu mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Untuk jam buka saat weekend, dimulai dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam.

Selain melihat dunia fauna, kalian juga bisa lho melakukan aktivitas-aktivitas yang sudah banyak disediakan di sana kayak berkeliling menunggangi unta, menyaksikan atraksi anjing laut, memberi makan jerapah, dan masih banyak lagi.

Banyak juga koleksi hewan-hewan langka yang dilindungi kayak komodo, babi rusa, anoa, tapir, dan lain-lain. Gak cuman hewan darat, ada juga banyak aquarium besar untuk para reptil dan hewan-hewan unik yang hidup di air kayak Arapaima gigas, ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari Sungai Amazon. Bagaimana degan tempat wisatanya, yuk kunjungi tempat wisata bersama travel surabaya malang.