Macam-macam penyakit pada bebek

Bebek memang hewan ternak yang terlalu bagus dalam memenuhi kebutuhan protein untuk manusia, tidak hanya itu ternyata memiliki macam-macam penyakit pada bebek peking, khususnya.

Kendala yang sering terjadi pada peternakan adalah serangan penyakit dan biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, kekurangan gizi dan parasit (cacing, protozoa serta kutu).

Peternak harus melakukan berbagai cara pencegahannya, termasuk pada bebek, yaitu dengan cara menjaga kesehatannya dan kebersihan lingkungan kandang dan cara tersebut akan menjadi pencegahan saja.

Penyakit-penyakit tersebut bisa membuat para peternak mengalami kerugian yang cukup besar, karena disebabkan oleh serangan penyakit dan bahkan membuat bebek-bebek tersebut mati dengan mendadak.

Pencegahan harus terus dilakukan, karena memiliki macam-macam penyakit yang menyerang ini cukup beragam dan kadang tidak memiliki gejala seperti berikut.

Penyakit-penyakit yang Sering Menyerang

Penyakit yang dibawah ini juga bisa menular yang disebabkan oleh virus dan bisa juga tidak menular yang biasanya proses pemeliharaan buruk, sehingga membuat bebek tersebut terserang penyakit lainnya.

Stres

Stress pada bebek yang disebabkan oleh berbagai macam faktor pengganggu secara langsung, dan mungkin akan mengalami hal yang sama jika terjadi pada hewan ternak lainnya.

Faktor yang bisa membuat bebek stres adanya keramaian dan kurang gerak bebas pada bebek, karena tidak ada obat untuk mengatasi stres jadi para peternak harus menghindarkannya. 

Rickets Duck

Rickets Duck adalah penyakit tulang dan bisa menyebabkan kelumpuhan, karena kekurangan Vitamin D, Kalsium, Mineral dan Kekurangan Fosfor pada bebek dan peternak diwajibkan untuk pencegahannya.

Pencegahan yang bisa dilakukan dengan memberikan jenis pakan yang mengandung mineral fosfor, kalsium dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan tulang dengan menambahkan 2% tepung tulang pada ransum pakannya.

Kolera

Kolera adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pasteurella Avicia, maka kandang yang lembab akan mendukung penularan penyakit Colera dengan cepat menyerang anak bebek berusia 4 minggu.

Angka kematian hingga 50% lebih anak bebek dewasa yang memiliki gejala sesak nafas, bengkak dan panas, jalan terlihat sempoyongan, meratap dan mengeluarkan suara cukup nyaring.

Mata Putih

Mata putih adalah jenis penyakit yang bisa menyerang bebek dalam segala umur dan disebabkan oleh virus, lalu tingkat penyebarannya sangat mudah apalagi jika kekurangan Vitamin A.

Faktor pendukung penyebaran virus ini adalah kondisi kandangabab atau permukaan tanah yang basah, lalu pencegahannya dengan memberikan antibiotik pada pakan dan minumnya.

Jenis penyakit mata putih pada bebek sangatlah berbahaya, karena tingkat penyebarannya begitu cepat dan membuat peternak mengalami kerugian dengan sekilat.

Coccidiosis Bebek

Coccidiosis adalah jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan membuat bebek menjadi berak darah, yang disebabkan oleh protozoa parasit yang akan membuat kekurangan nafsu makan dan berat badan semakin menurun.

Penularannya sangat relatif lebih cepat apalagi bebek yang telah melewati kotoran, sehingga menjadi salah satu dari macam-macam penyakit pada bebek yang sangat berbahaya.

Pencegahan penyakit diatas bisa dengan cara memperbaiki tata cara pemeliharaan dan memberikan antibiotik untuk Antibodi pada bebek, sehingga membuat bebek lebih kuat dalam menahan penyerangan penyakit berbahaya.