Makanan Kambing Agar Kambing Cepat Gemuk

Jenis pakan kambing yang baik agar cepat gemuk adalah pakan kambing yang cocok. Adalah daftar makanan yang aman dan kaya nutrisi. Hal ini mendukung pertumbuhan kambing.

Sebagai herbivora, kambing hanya memakan makanan yang berbau seperti tumbuhan. Seperti rumput dan dedaunan. Tapi juga suka makan buah.

Apa Itu Pakan Ternak?

Hijauan adalah jenis bahan yang dapat dimakan dan dicerna oleh hewan ternak, seluruhnya atau sebagian, tanpa membahayakan kesehatan hewan ternak. Bahan pakan dapat diperoleh dari tumbuhan atau non tumbuhan.

Kualitas bahan pakan tergantung pada kandungan nutrisi dan komposisi kimia serta kandungan zat anti nutrisinya. Zat terpenting dalam pakan adalah protein. Bahan pakan yang berkualitas tinggi harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin yang seimbang. Baca juga tentang jenis pakan kambing yang baik untuk tubuh.

1. Pakan Segar

Pakan segar adalah pakan yang baru diberikan kepada ternak. Baik dipotong-potong atau dipotong utuh. Hijauan hijauan segar pada dasarnya terdiri dari rumput, biji dan daun yang masih segar. Pakan yang segar tentunya bisa dibuat sendiri atu denganmencampurkannya, kalian dapat mencampurkannya menggunakan Mesin Pengaduk Pakan Ternak ini.

Pakan segar mengandung banyak karbohidrat dalam bentuk pati, gula sederhana dan fruktosa, yang berperan penting dalam pasokan energi kambing favorit Anda.

2. Rumput

Rumput yang dapat dijadikan pakan kambing adalah rumput gajah (Pennisetum purpureum), rumput bengal (Penicum maximum), rumput setaria (Setaria sphacelata), rumput brachiaria (Brachiaria decumbens), rumput Meksiko (Euchiena mexicana), dan rumput garapan yang tumbuh di sawah. .

Pada umumnya petani kecil menggunakan gulma yang tumbuh di lahan kosong atau di sawah dan di bawah pohon, atau yang tumbuh di sawah.

Namun, akan lebih baik jika peternak juga menanam rumput gajah sendiri di daerah yang belum berkembang atau di bawah tanaman keras untuk meningkatkan ketahanan pangan kambing, terutama di musim kemarau ketika rumput sulit.

Jika Anda memiliki tanah atau taman dengan banyak rumput.

3. Konsentrat (pakan penguat)

Pemilihan pakan fortifikasi dapat membantu meningkatkan produksi kambing, baik dari segi pertambahan berat badan, pada kambing, maupun pada susu kambing. Untuk peternakan kambing komersial sebaiknya menggunakan konsentrat lokal dan limbah pertanian seperti dedak, jagung giling, bungkil kelapa, singkong, garam, dan air minum kemasan.

4. Singkong (gum cassava)

Memiliki daun – daun yang lebar dan tebal, ciri lain memiliki batang yang besar. Biasanya singkong ini tumbuh kembali saat dipotong. Meskipun batangnya sangat besar, mereka hanya memiliki umbi kecil, seperti akar bulat di tanah.
Perbedaan antara singkong karet dan singkong biasa adalah daun singkong hanya digunakan untuk membuat sayuran, karena ubi jalar tidak dapat dikonsumsi. Daun singkong sering digunakan sebagai pakan ternak. Kandungan protein yang tinggi pada singkong cukup baik untuk diberikan pada kambing.

5. Suase

Suase adalah pakan hijauan yang baru disimpan. Berbeda dengan silase yang disimpan kering dalam jangka waktu yang lebih lama, Suase hanya disimpan dalam waktu yang singkat.
Hanya untuk beberapa hari dengan tujuan efisiensi energi saja, karena petani tidak perlu mencari pakan ternak setiap hari. Biasanya pakan Suase berasal dari tumbuhan seperti serealia dan rerumputan. Jika situasi muncul, ketersediaan pakan kambing dapat ditingkatkan dan dapat diberikan setiap saat.

Hanya untuk beberapa hari dengan tujuan efisiensi energi saja, karena petani tidak perlu mencari pakan ternak setiap hari. Biasanya pakan Suase berasal dari tumbuhan seperti serealia dan rerumputan. Jika situasi muncul, ketersediaan pakan kambing dapat ditingkatkan dan dapat diberikan setiap saat.
Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang pakan kambing yang baik dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lainnya.