Merawat Bunga Disaat Musim Kemarau

Memang sulit jika kita hendak pesan bunga papan di saat musim kemarau, dikarenanakan persediaan bunga pun tidak terlalu banyak dan kondisi bunga banyak yang cepat layu karena suhu yang panas. Teman dekat, tentu sudah mengetahui kan jika tiap tahunnya Indonesia alami dua musim; musim kemarau serta musim penghujan.

Waktu musim penghujan datang, air akan banyak serta Teman dekat tak perlu cemas alami kekurangan air atau kekeringan. Tetapi bagaimana waktu musim kemarau hadir serta tanah mulai jadi kering? Apakah ada langkah untuk jaga tanaman masih hijau serta fresh? Tentunya ada, berikut panduan gampangnya!

1. Jauhi paparan cahaya matahari

Matahari musim kemarau benar-benar terik hingga bisa percepat terserapnya air pada pot tanaman. Pindahkanlah tanaman ke sisi yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Anda dapat biarkan terkena cahaya cuma waktu sore dan pagi, sedang mendekati siang serta saat cahaya matahari benar-benar terik, Anda dapat menyimpannya dibagian rumah yang sejuk.

2. Lihat penyiraman

Siram tanaman di sore dan pagi hari. Karena di siang hari, air akan menguap sebelum meresap ke tanah serta disimpan akar tanaman. Siram tanaman dengan beberapa air serta teratur dibanding sedikit tetapi seringkali. Kekurangan air akan membuat akar tembus tanah begitu dalam serta membuat tanaman menanggung derita.

Ketahui ciri-ciri tanaman Anda. Apa tanaman itu terhitung ke tanaman yang memerlukan banyak air atau mungkin tidak? Yakinkan waktu kemarau juga, Anda tidak menyiram tanaman terlalu berlebih hingga tanaman tidak overwatered sebab tanaman yang overwater akan membuat akar tanaman cepat membusuk.

3. Pilih tipe tanaman

Pilih tanaman yang dapat bertahan pada saat musim kemarau hadir dengan galian tanah yang lebih dalam. Dengan begitu, akar tanaman semakin lebih gampang simpan air makin banyak, seperti kaktus, bunga kertas, bunga kamboja, lidah mertua, pohon palem dan sebagainya.

Kekeringan yang berlangsung waktu musim kemarau datang, umumnya akan membuat tanaman di kebun Teman dekat layu serta jadi kering. Daun akan mulai keriput, kering, serta kekuningan hingga tidak enak dilihat. Untuk menahan tanaman kecintaan Anda alami kekeringan, yakinkan air yang diberi cukup ada serta jika tidak, Teman dekat bisa memakai langkah ini jadi pilihan:

A. Taruh beberapa air hujan

Waktu musim kemarau, kemungkinan sekali 2x berlangsung hujan. Anda bisa mengeceknya lewat info BMKG atau aplikasi cuaca di handphone saja. Bila memang waktunya tidak lama , Anda dapat lakukan beberapa persiapan dengan wadah besar untuk memuat beberapa air hujan, tetapi pakai penyaring yang bisa dipakai untuk menyiram tanaman nanti.

B. Pakai air AC

Mengumpulkan air AC sehari-harinya waktu AC menyala, contohnya dengan memakai wadah ember atau salurkan langsung selangnya mengarah taman Anda. Faedahnya, air yang umumnya dipakai untuk menyiram tanaman bisa Anda pakai untuk keperluan yang lain.

C. Jangan buang es di freezer

Waktu Anda bersihkan kulkas dan ambil bunga es yang telah berkembang, mengumpulkan bunga es serta air sisa lelehan es kulkas di ember. Air sisa es ini bisa Anda pakai untuk menyiram tanaman.

Semestinya pada manusia, tersedianya air benar-benar punya pengaruh pada kesegaran tanaman. Oleh karena itu yakinkan keperluan air pada tiap tanaman Anda terpenuhi. Mudah-mudahan beberapa tips di atas bisa menolong Teman dekat jaga supaya tanaman di halaman Anda masih indah meskipun waktu musim kemarau. Semoga cara diatas dapat membantu persoalan Kita selama ini selama dimusim kemarau untuk memberikan siraman kepada bunga tanaman hias kita.