Mengenal Beberapa Peralatan Medis Untuk Prosedur Operasi

Peralatan medis yang digunakan untuk tindakan operasi sangatlah banyak. Mulai dari instrument dengan jenis dan tipe yang cukup banyak, alat – alat unit elektromedis penunjang, serta bahan – bahan habis pakai yang juga ikut digunakan dalam satu kali prosedur operasi dilakukan. Berikut ini, kita akan coba sebutkan beberapa diantara alat – alat yang digunakan dalam prosedur operasi berikut dengan fungsinya.

Alat – Alat Yang Digunakan Dalam Proses Operasi

Ada beberapa macam opeasi yang umum diketahui dalam dunia medis. Yaitu operasi mayor dan minor atau operasi besar dan kecil. Berikut ini beberpa contoh alat yang digunakan dalam proses operasi baik besar ataupun kecil.

# Instrument Bedah

Instrument bedah merupakan sekumpulan alat – alat operasi yang digunakan dalam kegiatan operasi. Instrument ini terdiri : Macam – macam gunting operasi, pinset operasi, klem, dan berbagai macam alat lainnya yang tergolong ke dalam instrument. Alat ini terbuat dari bahan stainless anti karat dan selalu harus dalam kondisi steril baik sebelum atau sesudah digunakan.

# Electrosurgical Unit

Selain instrument ada juga alat Elektromedik yang digunakan dalam proses operasi. Alat ini digunakan sebagai pengganti pisau bedah. Alat ini berfungsi untuk melakukan tindakan pembedahan, pemotongan jaringan kulit dalam porsi yang cukup besar. Keunggulan dari alat ini adalah luka tidak mengeluarkan banyak darah. Darah akan langsung terhenti karena benda ini akan membuat kulit luka terbakar.

# Suction Apparatus

Apa yang disebut dengan Suction Aparatus ? Yaitu sebuah alat pompa hisap (pompa vacuum) yang digunakan untuk menghisap cairan – cairan yang tidak berguna dalam tubuh saat operasi berlangsung. Contohnya cairan darah yang keluar, lendir, dan cairan lainnya yang akan mengganggu proses operasi. Atau cairan tersebut yang menjadi latar belakang dilakukan operasi. Alat ini dipasaran sering disebut dengan Suction Pump.

# Meja Operasi

Dalam proses operasi tentulah harus ada tempat yang digunakan untuk meletakkan posisi pasien agar mudah ditangani. Itulah Meja Operasi, atau Operating Table. Meja ini tidak seperti meja periksa biasa. Meja ini memiliki fitur khusus yang didesain secara khusus untuk mempermudah proses operasi dan tindakan dokter dalam melakukan berbagai pekerjaan saat operasi berlangsung.

Nah tentu saja tidak hanya itu saja peralatan operasi yang digunakan di rumah sakit ataupun klinik. Ada banyak sekali alat lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu – persatu. Sekian, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk menambah sedikit wawasan kita. Selamat beraktifitas kembali.