Suasana Indah Pantai Sendiki

Indonesia memiliki berbagai macam objek wisata pantai. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah hingga sampai wisata mistik. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki bermacam wisata itu adalah kota Malang. dari sekian banyak macam tempat wisata yang bisa ditemui di kota Malang, ternyata yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung  adalah wisata alam, atau  tepatnya wisata Pantai. 

Malang bisa dibilang diberkahi banyak sekali Pantai pantai yang sangat cantik dan eksotis karena memiliki garis Pantai yang panjangnya  kurang lebih hingga 77 kilometer. Berdasarkan data yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, setidaknya terdapat 14 Pantai di kota Malang yang telah dikelola oleh masyarakat maupun pemerintah. 

Salah satu objek wisata Pantai yang wajib dikunjungi ketika berada di kota Malang adalah Pantai Sendiki. Pantai Sendiki memiliki pasir yang putih halus dan juga masih sepi sehingga kondisi suasana alamnya masih asri dan bersih. Jadi jika wisatawan ingin mencari pantai yang masih asri dan juga masih sepi pengunjung, maka Pantai Sendiki adalah salah satu pilihan yang tepat untuk berlibur. 

Harga Tiket, Jam Operasional dan Lokasi 

Untuk bisa menikmati keindahan suasana Pantai Sendiki, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 per orang dan jika anda membawa kendaraan pribada biaya jasa parkir sebesar Rp 5.000. jika pengujung menginap, maka biaya parkir ditambah menjadi Rp 10.000. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai sendiki berupa toilet, pemandian umum, mushola, camping ground dan juga warung warga. Semua fasilitas itu dirawat oleh pengelola dengan baik yang merupakan pemerintah dusun dan juga oleh masyarakat setempat. 

Untuk Pengujung yang akan datang ke pantai sendiki ini tidak perlu khawatir, karena pantai sendiki ini buka setiap hari dan 24 jam. Maka para pengujung bisa datang kapan saja. 

Pantai sendiki ini berada di Desa Tambakrejo di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di desa Tambakrejo, ada dua Pantai sekaligus yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pantai Sendiki dan Tamban. Jarak kedua Pantai ini tidak jauh sekitar 2 kilometer. Jika ingin pergi ke wisata Pantai Sendiki dari kota Malang, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 68 kilometer dengan lama kurang lebih perjalanan 2 sampai 3 jam. 

Aktivitas Yang Bisa Di Lakukan 

1. Menikmati Pantai Sendiki 

Karena terdapat di pesisir Selatan Jawa atau termasuk dalam pantai selatan, ombak yang ada di Pantai Sendiki ini cukup besar sehingga kurang cocok dijadikan tempat berenang walaupun punya air yang jernih dan indah. Walaupun tidak bisa berenang dan menikmati bermain air, pengujung masih bisa bermain air di tepi Pantai Sendiki. Selain itu, di sekeliling Pantai juga terdapat hutan lebat yang masih asri yang membuat Pantai ini tidak terlalu panas dan malah membuat udara semakin sejuk dan semakin membuat pengujung betah berlama-lama. 

2. Berkemah 

Karena masih sepi pengunjung, tentu Pantai sendiki ini sangat cocok dijadikan untuk tempat berkemah. Ada beberapa titik yang berada cukup jauh dari bibir Pantai yang bisa dijadikan tempat untuk berkemah. Pengujung bisa menyewa tenda di Pantai Sendiki dengan harga Rp.75.000 untuk sebuah tenda berkapasitas 4 sampai 5 orang. Jika pengujung membawa tenda sendiri, pengujung hanya dikenakan tambahan biaya Rp.20.000 untuk biaya buka tenda. 

Itu saja yang ingin saya sampaikan dari pengalaman saya berkujung ke tempat wisata pantai sendiki ini. Selamat berlibur dan terima kasih.