Cara Akses dan Edit File Google Drive Secara Offline di Komputer

Google Drive Pada kesempatan kali ini, kami tidak lagi membahas sesuatu yang sudah umum misalnya cara mengirim file lewat google drive atau cara mengatasi masalah error pada google drive. Namun, lebih dari itu bahasan kali ini akan lebih unik dan menarik.

Akses dan Edit File Google Drive Secara Offline

Cara Mengakses File Google Drive Secara Offline di Android

Mungkin tidak banyak yang mengira bahwa ada salah satu fitur yang sangat menarik dan tentunya bermanfaat pada Google Drive. Kalau yang kita harus terhubung ke internet untuk mengakses dan mengedit sebuah file di goolge drive, nah disini kami akan menjelaskan bagaimana cara agar kita masih bisa mengakses dan mengedit file pada saat komputer sedang offline/tidak ada internet.

Google Drive saat diakses di komputer desktop / laptop melalui browser Chrome, dapat memungkinkan Anda mengakses file meskipun Anda tidak memiliki koneksi internet.

Jika Anda ingin mengakses file secara offline dari beberapa komputer, atur akses di setiap komputer, tetapi pastikan untuk hanya mengatur akses offline di komputer pribadi, bukan di komputer bersama.

Lihat Juga : 4 Aplikasi Edit Video PC dan laptop terbaik terbaru

Anda harus mengatur akses offline di Chrome (untuk menyinkronkan file Anda) dan menginstal Google Drive untuk Mac / PC (untuk melihat file secara offline) saat Anda memiliki akses internet.

Lalu bagaimana cara untuk mengatur agar kita bisa mengakses google drive secara offline? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Akses Offline di Chrome

Buka Chrome dan masuk ke Chrome
Buka Pengaturan Drive di drive.google.com/drive/settings
Selanjutnya silahkan ceklist pada bagian kotak di samping “Sinkronkan file…” ke komputer ini agar Anda bisa mengeditnya secara offline”.

File Anda akan mulai disinkronkan. Bergantung pada jumlah file yang Anda miliki, mungkin perlu beberapa saat untuk menyinkronkan.

Google Drive untuk Mac / PC
Ikuti petunjuk berikut untuk memasang Google Drive untuk Mac / PC (Anda memerlukan hak admin di komputer Anda untuk memasang ini).

Akses File Secara Offline
Saat offline, Anda akan menggunakan folder Google Drive yang disinkronkan di Mac / PC Anda untuk mengakses file.

Buka folder Google Drive
Arahkan ke file yang ingin Anda lihat / edit secara offline dan klik dua kali

File berformat Google (Docs, Sheets, Slides, Drawings) akan terbuka di Chrome jika Anda telah mengatur akses offline; file format non-Google (Word, Excel, pdf) akan terbuka di program yang sesuai

Saat Anda memiliki akses internet lagi, setiap perubahan yang Anda buat pada file akan disinkronkan

Untuk mengakses file secara offline di komputer lain atau dengan Aplikasi Android, silahkan atur akses offline untuk setiap file.