Cara Membuat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai – Cara Membuat Susu KedelaiSiapa sih yang tidak tahu kedelai?, kedelai sendiri merupakan salah satu bahan pangan yang cukup terkenal di Indonesia, menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat di pedesaan, kedelai juga merupakan bahan utama pembuat susu kedelai dan juga kecap yang dibuat dari kedelai hitam.

Nah semakin berkembangnya teknologi, dan juga ide kreatif dari orang orang untuk membuat keledai dalam berbagai macam bentuk variasi, tidak hanya dijadikan lauk seperti tempe saja. Banyak orang kreatif yang memanfaatkan kedelai sedemikian rupa sampai pada akhirnya mendapatkan resep untuk membuat varian baru yaitu susu kedelai.

Susu kedelai sendiri mempunyai banyak sekali kandungan manfaat didalamnya, dengan cara pembuatannya yang cukup mudah, menjadikan banyak orang yang ingin membuatnya. Nah disini kami akan bantu kalian untuk mengetahui cara membuat susu kedelai yang lezat dan mudah untuk dibuat tentunya.

Cara Membuat Susu Kedelai

Bahan untuk membuat susu kedelai :

  • ½ kg kacang kedelai yang sudah dikupas dengan mesin pengupas kedelai
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 bungkus vannili siap pakai
  • Garam

Alat untuk membuat susu kedelai :

  • Blender
  • Kompor
  • Saringan
  • Panci

Cara Membuat Susu Kedelai

  1. Cuci bersih kedelai yang sudah disiapkan sebelumnya menggunakan air mengalir.
  2. Rebus biji kedelai yang sudah dicuci bersih di air mendidih sekitar 15 menit.
  3. Lalu kemudian angkat rebusan kedelai yang sudah disisihkan, kemudian rendam menggunakan air bersih kurang lebih sekitar 11 jam.
  4. Setelah di diamkan selama 11 jam, cuci bersih kedelai sambil mengelupas kulit luarnya yang masih ada lalu sisihkan terlebih dahulu.
  5. Setelah itu blender kedelai yang sudah dibersihkan dan ditambah air secukupnya sampai halus.
  6. Lalu tuang kedelai halus yang sudah diblender kedalam wadah lalu tuangkan air panas secukupnya saja.
  7. Setelah itu saring untuk memisahkan ampas kedelainya.
  8. Susu kedelai sudah jadi, akan tetapi jika ingin mengkonsumsinya rebus dulu susu kedelai tersebut di panas api yang cukup, untuk membunuh bakteri bakteri jahat didalam susu kedelai tersebut, dan untuk menghilangkan bau dari kedelai yang kurang sedap.
  9. Setelah direbus, kecilkan api kemudian aduk susu kedelai didalam panci yang bertujuan agar sari sari dari susu kedelai tidak mengendap.
  10. Untuk menambah aroma dari susu kedelai tersebut, tambahkan sedikit vanilli.
  11. Susu kedelai siap untuk dinikmati. kalau kamu ingin menjualnya, maka kamu perlu cup sealer untuk membuat susu lebih tahan lama.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh

  1. Mengatasi Masalah Laktosa

Manfaat susu kedelai yang pertama ini mungkin sudah diketahui oleh banyak masyarakat umum, karena tidak semua orang cocok atau bisa meminum susu sapi. Dikarenakan faktor alergi dan intoleransi tubuh terhadap kandungan laktosa dalam susu sapi. Kondisi ini muncul karena pada tubuh orang tersebut mengalami kekurangan kandungan enzim lactase.

Enzim lactose tersebut berfungsi untuk memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa agar usus lebih mudah mencernanya. Nah didalam susu kedelai sendiri tidak ada sama sekali kandungan laktosa, dikarenakan susu ini berasal dari tumbuhan dan bukan dari hewan.

Dan susu ini juga sangat cocok sekali untuk semua kalangan, baik itu bayi maupun orang dewasa dapat meminum susu kedelai ini. 2 gelas susu kedelai sangat cukup untuk memenuhi 30% asupan protein untuk balita.

Hal ini tentunya sangat bagus, karena harga dari susu kedelai ini terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan susu sapi murni yang dijual dipasaran. Cocok untuk kalian yang mungkin mengalami ekonomi sulit