Cara Membuka Penutup Belakang Jam Tangan Menggunakan Bola Karet

Jam tangan atau arloji adalah salah satu alat untuk menunjukkan waktu yang cukup banyak ditemui dimana-mana. Alat ini memiliki bentuk yang kecil dengan tambahan tali atau strap yang digunakan untuk mengikatnya di pergelangan tangan. Selain itu, jam tangan juga bisa digunakan oleh berbagai kalangan baik itu tua, muda, pria maupun wanita.

Sekarang ini, jam tangan memiliki banyak sekali jenis dan merk yang sangat bervariasi dengan ciri khas masing-masing. Beberapa merk jam tangan terkenal seperti jam tangan Casio, Rolex, Seiko, dan beberapa lainnya cukup mudah ditemui di pasaran. Jenis jam tangan juga cukup beragam dengan salah satunya yaitu jam tangan bertenaga baterai adalah jenis yang paling mudah ditemukan.

Untuk jenis jam tangan bertenaga baterai, salah satu yang sering menjadi kendala adalah ketika akan mengganti baterai jam tangan. Baterai jam tangan berada di bagian dalam jam tangan dan tertutup oleh bagian penutup belakang jam tangan. Ketika baterai pada jam tangan mati, maka baterai harus diganti dan tentu saja harus membuka penutup bagian belakangnya.

Ketika akan membuka bagian belakang jam tangan, biasanya harus menggunakan alat khusus agar bisa membuka penutup tersebut. Namun, bagaimana jika ketika ingin mengganti baterai dan harus membuka penutup tersebut tetapi tidak memiliki alat pembukanya? Tidak usah khawatir karena ternyata ada beberapa cara untuk membuka penutupnya dimana salah satunya adalah menggunakan bola karet.

Berikut adalah cara membuka penutup belakang jam tangan menggunakan bola karet dengan mudah dan tanpa alat khusus:

Siapkan bola karet

Langkah pertama untuk membuka bagian belakang jam tangan dengan menggunakan bola karet adalah dengan menyiapkan bola karet terlebih dahulu. Bola karet bisa digunakan karena memiliki permukaan yang cukup kesat sehingga memudahkan untuk membuka penutup belakang jam tangan. Pilih jenis bola karet yang empuk dan sedikit lengket sehingga bisa menempel dengan baik di penutup bagian belakang jam tangan.

Letakkan jam di permukaan yang rata

Kedua, setelah bola karet yang empuk sudah disiapkan, kemudian mulai letakkan jam tangan di permukaan yang rata dan datar. Walaupun bisa juga dengan memegang jam tangan selagi membuka penutup menggunakan karet, sebaiknya gunakan saja permukaan yang datar. Akan lebih baik jika dibawah jam tangan juga diletakkan handuk untuk jenis jam tangan yang mudah tergores.

Tekan bola karet ke bagian penutup jam tangan

Ketiga, setelah jam tangan diletakkan di permukaan yang datar, selanjutnya tekan bola karet ke bagian penutup jam tangan. Tekan bola karet dengan cukup kuat di bagian penutup belakang jam tangan terutama pada bagian takik sekrupnya. Penekanan sebaiknya dilakukan secara betahap hingga cukup kuat untuk mencegah terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan pada jam tangan.

Putar bola berlawanan dengan arah jarum jam

Keempat, ketika bola sudah menekan cukup kuat pada jam tangan, lakukan gerakan memutar bola dalam kondisi tetap menekan. Putar bola karet tersebut sambil tetap menekan lalu memutar penutup belakang jam tangan berlawanan dengan arah jarum jam. Kebanyakan jam tangan akan bisa dengan mudah dibuka bagian penutupnya dengan cara memutar penutupnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Gunakan bola untuk melonggarkan penutup jam tangan

Terakhir, gunakan bola karet tersebut untuk melonggarkan penutup bagian belakang jam tangan tanpa melepasnya. Pelepasannya cukup dengan menggunakan jari dengan cara yang sama yaitu diputar berlawanan dengan arah jarum jam. Saat sudah terbuka, simpan penutupnya dan proses penggantian baterai atau perbaikan lainnya bisa dilakukan.