Sudah Tahu Apa Itu Selulit? Ini Penjelasan Lengkapnya

Mungkin anda sering mendengar kata selulit. Namun apa sebenarnya selulit itu? Selulit adalah kondisi dimana lemak dalam tubuh terperangkap dan membentuk gumpalan-gumpalan bergelombang dan tidak rata pada kulit dan terlihat seperti kulit jeruk.

Kondisi ini biasanya terjadi di beberapa bagian kulit yang memiliki lemak berlebih atau timbunan lemak seperti pada pinggul, pantat, paha dan perut. Namun jangan salah, selulit tak hanya terjadi pada orang-orang bertubuh gemuk saja, selulit juga bisa menyerang orang-orang bertubuh normal maupun kurus sekalipun.

Apa penyebab selulit? Selulit disebabkan oleh kantong lemak yang banyak ditemui pada daerah lengan bawah, paha, dan perut. Uniknya, wanita lebih sering menderita selulit di tubuhnya, karena ternyata distribusi lemak wanita berbeda dari pria. Pada wanita, distribusi lemak terfokus pada bagian pinggang, pantat, bagian dalam dan luar paha, serta lengan.

Namun bukan hal yang tak mungkin pria juga bisa terkena selulit. Selulit pada pria biasanya terdapat pada bagian leher belakang dan daerah perut. Dan ternyata pria memiliki lapisan kulit yang lebih tebal sehingga dapat menutupi tumpukan lemak pada tubuhnya.

Berikut Penyebab Munculnya Selulit!

Kurang Olahraga

Jika sehari-hari anda bekerja di kantor yang aktivitasnya banyak dihabiskan di tempat duduk, maka anda tentu membutuhkan olahraga untuk membakar kalori. Jika anda tidak melakukan aktivitas fisik dan olahraga, bukan tak mungkin sisa dari kalori yang terpakai akan menjadi tumpukan lemak dan menyebabkan selulit.

Karena pola makan yang mengandung gula tinggi serta gaya hidup yang tak banyak melibatkan aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab utama datangnya selulit.

Sering Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Tahukah anda jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula tak hanya menjadi penyebab diabetes namun juga selulit. Mengapa? Karena kalori yang berlebih dari gula akan diubah menjadi lemak dan akan tersimpan di bagian bawah jaringan kulit.

Singkatnya, semakin banyak anda mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula, semakin banyak pula lemak yang menumpuk dan berujung pada terbentuknya selulit di tubuh anda.

Sering Mengkonsumsi Makanan Tinggi Lemak

Contoh dari makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi adalah junk food. Namun tak dapat dipungkiri junk food merupakan makanan favorit banyak orang, dan ternyata dampak yang ditimbulkan karena terlalu sering mengkonsumsi junk food adalah munculnya selulit yang disebabkan oleh kandungan lemak dan kalori yang tinggi pada makanan-makanan ini.

Kebiasaan Merokok

Siapa sangka jika kebiasaan merokok tak hanya berbahaya bagi kesehatan namun juga dapat mendatangkan selulit? Karena rokok ternyata dapat melemahkan sel-sel kulit. Racun yang terdapat dalam rokok juga dapat menyumbat pembuluh kapiler dan akan merusak kelenjar-kelenjar kulit, sehingga berdampak pada munculnya selulit di kulit.

Itu tadi penjelasan mengenai selulit serta beberapa kebiasaan yang dapat memicu timbulnya selulit di tubuh anda. Meskipun selulit tidak mendatangkan bahaya bagi tubuh, namun tentu saja munculnya selulit dapat membuat sebagian orang menjadi kehilangan rasa percaya diri.