Tips Kontrol Tekanan Darah Tinggi Yang Mudah Dilakukan

Kita semua menyadari bahwa tekanan darah merupakan salah satu parameter atau indikator kesehatan yang perlu diperhitungkan. Itulah sebabnya, setiap kali kita ke dokter, tekanan darah kita selalu diukur. Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai dan terus dikontrol adalah tekanan darah tinggi. Namun tidak perlu khawatir, berikut ini sedikit tips mudah mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

kontrol tekanan darah tinggi

1. Terapkan Pola Makan Sehat

Bagaimana pola makan sehat itu ? Banyak sekali referensi atau versi yang menyebutkan pola makan sehat, namun secara umum dan relative sama adalah banyak makan porsi buah dan sayur dibandingkan dengan porsi lainnya. Kurangi makanan berlemak, kolesterol dan makanan siap saji dan berpengawet. Hindari makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah seperti makanan gurih dan asin serta seafood.

2. Olahraga Teratur

Luangkan waktu anda setengah hingga satu jam sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk berolah raga. Silahkan lakukan olahraga sesuai dengan hobi anda masing – masing. Anda bisa mulai dari jogging pagi hari dengan keluarga, Bersepeda, hingga bermain bola. Sesuaikan dengan usia anda dan jenis olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga anda. Olahraga akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan tekanan darah akan mudah dikendalikan.

3. Minum Obat Teratur

Bagi anda yang sudah memiliki tekanan darah tinggi tentu dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan kondisi kita. Obat tersebut tidak dapat menyembuhkan dan membuat tekanan darah kita menjadi normal namun hanya bersifat membatasi. Itu kata dokter, tentang salah satu obat tekanan darah tinggi yang harus kita minum terus menerus. Maka patuhilah anjuran dokter dan minumlah obat secara teratur.

4. Pantau Setiap Waktu

Diantara sekian cara yang bisa kita lakukan untuk mengontrol tekanan darah yaitu dengan mengetahui atau memantaunya. Bagaimana kita mengetahui tekanan darah kita ? Tentunya dengan mengukur menggunakan alat ukur tekanan darah yaitu tensimeter. Untuk anda yang cukup sibuk, anda bisa beli tensimeter sendiri di toko alat kesehatan terdekat. Dengan kita miliki alat ini sendiri, kita dapat memantau tekanan darah kita setiap saat.

5. Hindari Stress

Salah satu hal yang dapat memicu tekanan darah menjadi naik adalah stress. Oleh sebab itu, mengendalikan stress merupakan satu cara terbaik untuk membuat tekanan darah tetap normal dan tidak naik. Lalu bagaimana ketika kondisi benar – benar memaksa kita untuk stress ? Pelajarilah menejemen stress yang baik agar sebesar apapun stress yang kita dapatkan bisa kita kendalikan semampunya.

Mungkin ini saja yang bisa kami bahas pada kesempatan kali ini, mudah – mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua dan khususnya untuk anda yang membutuhkan. Sekian, selamat beraktifitas !