Mengenal Alat Kejut Jantung (Defibrillator)

Apa yang terlintas dalam pikiran anda ketika mendengar istilah defibrilator. Sebagian dari Anda tentunya sudah mengetahuinya, namun sebagian besar saya yakin belum pernah mendengar istilah tersebut. Ya kali ini kita akan mengulas sedikit tentang apa itu defibrillator. Sedikit bocoran bahwa yang disebut defibrilator adalah sebuah alat medis, tepatnya alat medis yang digunakan dalam penanganan pasien serangan jantung atau henti jantung.

Pengertian Defibrillator

defibrillator

Di atas sudah kita singgung sedikit mengenai apa itu defibrillator. Defibrilator berasal dari  bahasa asing yang bermakna kurang lebih fibrilasi kembali atau kembali bergetar. Secara bebas defibrillator dapat kita Artikan atau dapat kita definisikan sebagai alat kesehatan yang digunakan untuk defibrilasi. Defibrilasi itu sendiri adalah proses mengembalikan Irama jantung yang tidak normal karena berbagai macam faktor salah satunya adalah serangan jantung (fibrilasi Ventrikel)

Cara Kerja Defibrillator

Bagaimana defibrillator itu dapat bekerja memperbaiki atau menormalkan detak jantung ?  Secara umum alat ini bekerja dengan memberikan stimulus energi listrik tegangan tinggi yang membuat jantung terkejut. Pada saat jantung bergetar tidak beraturan di saat inilah stimulus energi listrik diperlukan untuk memberikan kejutan kepada jantung sehingga jantung dapat kembali normal setelah sesaat sebelumnya berhenti sejenak karena kejutan listrik. Tindakan ini diberikan bersamaan dengan dilakukannya resusitasi jantung paru-paru dengan tujuan untuk memberikan bantuan pernafasan sehingga fungsi otak tetap bekerja.  Hal ini karena pada umumnya seseorang yang mengalami serangan jantung akan kehilangan kesadaran dan waktu cepat.

Jenis Defibrillator

Defibrilator atau alat kejut jantung memiliki beberapa macam atau jenis. Umumnya terdapat dua jenis yang ada di pasaran. Yaitu defibrillator manual dan defibrilator otomatis atau  AED. Keduanya memiliki fungsi yang sama meskipun penggunaannya sedikit berbeda. Tidak hanya itu dari sisi bentuknya pun berbeda. Defibrillator manual  sering disebut dengan defibrillator monitor, hal ini karena alat ini dilengkapi dengan monitor. disebut dengan kata manual karena analisa Irama jantung dan seleksi energi dapat kita pilih sendiri secara manual. Sedangkan otomatis bekerja dengan cara automatic tanpa kita perlu melakukan analisa.

Harga Defibrillator

Di negara maju seperti di Amerika dan di negara-negara Eropa lainnya defibrillator telah banyak terpajang di tempat-tempat umum sebagai alat emergency darurat yang dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan. Di negara kita hal ini belum terjadi, karena mungkin kurangnya kesadaran atau belum adanya instruksi dari pemerintah akan hal ini. Selain itu juga mungkin karena diakibatkan oleh harga defibrillator yang mahal. Berdasarkan hasil survei kami di beberapa toko alat kesehatan yang jual defibrillator. Harga defibrillator paling murah untuk jenis  otomatis berkisar antara 20  jutaan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga ulasan singkat tentang alat defibrilator dapat bermanfaat untuk Anda yang membacanya. sekian selamat beraktifitas.